- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeHealth3 Alasan Utama Kenapa Anda Harus Menghindari Junk Food

    3 Alasan Utama Kenapa Anda Harus Menghindari Junk Food

    - Advertisement -spot_img

    Siapa sih yang tidak tergiur dengan tampilan makanan cepat saji? Selain tampilannya yang menggoda, makanan cepat saji juga memiliki cita rasa yang lezat sehingga banyak kalangan dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai jenis makanan ini.

    Namun, kamu harus tau bahwa tidak semua makanan cepat saji masuk ke dalam kategori sehat. Salah satunya adalah junk food, jenis makanan ini masuk ke dalam kategori berbahaya. Burger, kentang goreng, ayam goreng, pizza termasuk ke dalam kategori makanan junk food yang penyajiannya tidak disertai sayuran.

    Menurut Kemenkes RI, mengonsumsi junk food tidak akan membuat kamu merasa kenyang, namun malah mengakibatkan makan yang berlebihan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menghindari makanan junk food.

    Diabetes

    Mengkonsumsi junk food terlalu sering akan mengakibatkan kamu berisiko dua kali lipat terkena penyakit diabetes. Pasalnya orang yang terlalu sering mengkonsumsi junk food akan memiliki sistem metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga nutrisi makanan tidak terserap dengan baik.

    Karbohidrat olahan, atau gula tambahan yang terkandung di dalam junk food dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. Hal ini mengakibatkan resistensi insulin dan hiperglikemia. Sehingga gula tidak disimpan, dan akan tetap berada di dalam aliran darah. Seiring waktu, hal ini dapat berkembang menjadi penyakit diabetes tipe 2.

    Penyakit Jantung

    Junk food memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan kolesterol di dalam tubuh meningkat. Lemak jahat yang terus menerus masuk ke dalam tubuh akan menumpuk dan akan mempengaruhi kerja jantung. Selain itu, lemak juga bisa mengakibatkan penyumbatan karena menumpuk di dalam pembuluh darah. Hal ini meningkatkan resiko kamu terkena penyakit jantung dan stroke.

    Gangguan Ginjal

    Alsan selanjtnya mengapa kamu perlu menghindari junk food karena akan berisiko terkenan gangguan ginjal. Hal ini dikarenakan junk food memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan natrium tersebut bisa mempengaruhi kinerja ginjal.  Sehingga ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik untuk menyaring racun dalam darah.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,822FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here