- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeEducation5 Perpustakaan Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

    5 Perpustakaan Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna pasti sepakat kalau perpustakaan menjadi tempat terbaik untuk belajar. Referensi buku yang banyak, suasana hening dan nyaman menjadi alasan banyak orang yang lebih memilih perpustakaan sebagai tempat untuk fokus belajar atau mengerjakan tugas. Di setiap lembaga pendidikan atau pun setiap daerah pasti memiliki perpustakaannya masing-masing, jadi di negara kita ini sudah banyak sekali perpustakaan. Namun, tahukah Sahabat Makna, perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia? Ini dia jawabannya

    Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru

    Image: Wisatasumatera.com

    Terletak di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, perpustakaan ini berstatus sebagai perpustakaan provinsi. Berada di Jalan Jendral Sudirman nomor 462, perpustakaan ini berada di tengah kota sehingga mudah untuk diakses masyarakat, baik mahasiswa atau pun pelajar. Perpustakaan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 28 Oktober 2008. Mendapat gelar sebagai perpustakaan terbesar di Indonesia, perpustakaan ini memiliki 200.000 koleksi dan beberapa fasilitas penunjang seperti auditorium, bilik budaya melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang interner, mushola, kantin dan energy corner. Desain bangunan perpustakaan ini unik, terinspirasi dari alas baca Alquran atau seperti buku yang terbuka.

    Perpustakaan Universitas Indonesia

    Image: Ui.ac.id

    Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia, terletak di Kota Depok, Jawa Barat. Menjadi kampus idaman para mahasiswa di Indonesia, UI memang memiliki beberapa fasilitas penunjang pembelajaran yang ciamik, salah satunya perpustakaan. Perpustakaan UI di Depok berdiri di tanah seluas 2,3 hektar dengan luas bangunan 33.000 persegi yang memiliki delapan lantai. Diresmikan pada tanggal 13 Mei 2011, perpustakaan ini memiliki 3-5 juta koleksi buku, 100 silent room, ruang baca, bank, taman, restoran dan toko buku. Walaupun berada di lingkungan kampus UI, tetapi perpustakaan ini bisa dikunjungi oleh umum dengan membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 dan beroperasi dari hari Senin-Sabtu. Arsitektur bangunan luar yang terbuat dari batu alam dan menghadap ke danau membuat suasana di perpustakaan UI sangat menyejukkan mata.

    Perpustakaan Microlibrary Bima

    Image: Archdaily.com

    Perpustakaan satu ini memiliki desain yang unik karena terbuat dari 2000 limbah ember plastik es krim, sehingga menjadi perpustakaan yang ramah lingkungan. Dibuat oleh firma arsitektur SHAU Architecture and Urbanism, proyek ini dipimpin oleh Florian Heinzelmann dan Daliana Suryawinata. Berada di Taman Bima, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Bandung. Terbuat dari limbah plastik untuk menunjukkan bahwa limbah bisa menjadi nilai tambah jika digunakan dengan kreatifitas. Pembuatan perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kesadaran lingkungan masyarakat. Fasilitas yang tersedia di perpustakaan ini berupa koleksi buku, mainan tradisional, alat peraga PAUD, kegiatan knowledge sharing, story telling, English club, gemar membaca dan bisa menjadi tempat berkumpul komunitas.

    Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

    Image:Perpusnas.go.id

    Sahabat Makna bisa bangga nih sebagai masyarakat Indonesia karena negara kita memiliki perpustakaan tertinggi di dunia. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau sering disebut Perpusnas ini baru diresmikan pada Oktober 2017, terdiri dari 27 lantai termasuk basement, terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Perpusnas memiliki beragam fasilitas, seperti auditorium, zona baca, ruang pameran, kantin, perkantoran, data center, mushola, ruang layanan anak, lansia dan disabilitas. Ada lagi layanan audiovisual, layanan naskah nusantara, bahkan ruangan penerimaan tamu mancanegara dan masih banyak lagi. Perpusnas bukan hanya menyediakan layanan peminjaman buku secara langsung, tetapi juga meyediakan peminjaman buku secara online dalam bentuk e-book di aplikasi iPusnas yang bisa didownload secara gratis melalui playstore.

    Perpustakaan Freedom Institute

    Image: Medcom.id

    Jika Sahabat Makna ingin merasakan membaca buku dengan suasana homey, perpustakaan Freedom Institute adalah jawabannya. Memiliki desain yang minimalis, perpustakaan ini membuat pengunjung nyaman untuk berlama-lama membaca buku karena memang buku yang ada tidak bisa dipinjam dan dibawa pulang. Terletak di Jalan Proklamasi nomor 41 Menteng, Jakarta Pusat, perpustakaan ini memiliki berbagai macam koleksi, termasuk buku asing dan termasuk sudah langka di pasaran. Walaupun pengunjung tidak boleh meminjam buku untuk dibawa pulang, perpustakaan Freedom Institute menyediakan tempat fotokopian, sehingga pengunjung bisa memfotokopi halaman buku yang ingin dibawa pulang.

    Sahabat Makna harus kunjungi ya perpustakaan-perpustakaan terbaik sekaligus keren di atas, sudah dapat wawasan, bisa juga untuk foto-foto instagram yang ciamik!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here