- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeEducation5 Tips Agar Belajar Daring Kamu Lebih Efektif

    5 Tips Agar Belajar Daring Kamu Lebih Efektif

    - Advertisement -spot_img

    Pandemi covid-19 sangatlah berdampak dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya ialah proses pembelajaran di Indonesia. Banyak instansi pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi memutuskan untuk mengganti proses pembelajaran melalui daring atau online. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah.

    Namun, belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. seperti gangguan jaringan serta gangguan-gangguan lain disekitar tempat tinggal. Maka dari itu mempersiapkan perlengkapan sebelum melakukan pembelajaran secara daring merupakan hal wajib agar proses pembelajaran bisa tercerna dengan baik. Lalu bagaimana cara untuk mempersiapkan agar belajar secara daring dapat dilakukan secara maksimal, berikut ulasannya ya sahabat makna.

    Cari Tempat yang Nyaman

    Image : freepik.com

    Kenyamanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelajaran secara daring. Kenyamanan tempat bisa disesuaikan dengan selera kalian, pergi ke cafe atau taman bisa menjadi opsi untuk mencari tempat yang nyaman atau cukup berada di kamar dengan keadaan yang rapi adalah tempat ternyaman bagi kamu. Itu kembali ke selera kalian masing-masing ya sahabat makna

    Persiapkan Media Belajar Daring

    Image : freepik.com

    Handphone, laptop dan barang elektronik lain yang dapat menunjang proses pembelajaran kamu, merupakan salah satu syarat penting untuk dipersiapkan dan diperhatikan sebelum pembelajaran dimulai. Isi daya handphone dan laptop kamu dengan penuh agar tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan

    Memperhatikan Kondisi Jaringan Internet

    Image : freepik.com

    internet merupakan hal yang sangat mendasar dari berjalannya proses pembelajaran secara daring. Walaupun pemerintah telah memberikan bantuan kuota secara gratis, tetapi kamu juga harus bijaksana dalam menggunakan kuota gratis tersebut. Jangan menghamburkan kuota dengan hal-hal yang tidak berguna seperti bermain games, menonton YouTube yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran serta hal-hal yang lain yang bisa menghabiskan kuota kamu.

    Mengulang Materi Sebelumnya

    Image : freepik.com

    Sama seperti proses pembelajaran luring atau offline, dalam pembelajaran secara daring ini. Kiranya para peserta didik dapat mengulang pembelajaran dari Minggu sebelum, agar materi yang disampaikan bisa langsung dipahami dan juga agar materi yang telah disampaikan sebelumnya tidak terlupakan begitu saja.

    Menjaga Kebersihan Sekitar

    Image : freepik.com

    Dimasa pandemi seperti sekarang, menjaga kebersihan lingkungan sekitar merupakan hal wajib yang perlu dilakukan. Karena lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Dan dampak terburuk dari tidak menjaga kebersihan ialah terpapar penyakit yang mengerikan dan juga berdampak terhadap proses pembelajaran yang sedang kamu lakukan.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here