- Advertisement -spot_img
24.1 C
Palembang
More
    HomeEducation7 Bahasa yang Paling Sulit Dipelajari di Dunia, Kamu Sudah Menguasai yang...

    7 Bahasa yang Paling Sulit Dipelajari di Dunia, Kamu Sudah Menguasai yang Mana?

    - Advertisement -spot_img

    Bahasa adalah sebuah simbol yang digunakan oleh masyarakat untuk bisa berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Indonesia menjadi negara yang memiliki jumlah bahasa terbanyak kedua di dunia setelah Papua Nugini, Indonesia memiliki sekitar 718 bahasa daerah.

    Interaksi dan komunikasi bisa terjalin lebih baik bila orang yang saling berkomunikasi sama-sama memahami bahasa yang digunakan. Sahabat Makna tahu gak ada beberapa bahasa di dunia ini yang sulit sekali di pelajari, tapi gak mustahil juga untuk dikuasai. Berikut ini Maknamagz rangkum tujuh bahasa yang sulit di pelajari hanya untuk Sahabat Makna!

    1. Bahasa Arab

    Bahasa Arab memiliki 28 huruf alfabet, setiap alfabet ini dapat berubah sesuai dengan bunyi huruf-huruf di sekitarnya. Selain itu, bahasa Arab mempunyai kosa kata yang bervariasi, bahkan untuk menggambarkan satu objek saja bahasa ini mempunyai bermacam kata. Intonasi dan pengucapan pun memiliki aturan sendiri, bahkan dialek lebih dari 20 negara yang menggunakan bahasa Arab berbeda-beda. Hal seperti inilah yang membuat bahasa Arab menjadi bahasa yang sulit untuk dipelajari. Setidaknya membutuhkan waktu minimal 2 tahun agar bisa menguasai bahasa Arab, serta cara berkomunikasi menggunakan bahasa ini.

    2. Bahasa Thailand

    Dari Benua Asia, ada negara Thailand yang memiliki bahasa sulit. Bahasa Thailand memiliki lima nada dasar serta karakter yang kompleks, tidak seperti bahasa Indonesia yang hanya memiliki 28 alfabet. Thailand memiliki 68 huruf, terdiri dari 44 huruf konsonan dan 24 huruf hidup. Bukan hanya pelafannya saja, tulisan Thailand pun cukup rumit untuk dipelajari.

    3. Bahasa Yunani

    Bahasa Yunani merupakan bahasa yang paling kuno di dunia, bahkan istilah-istilah di dalam ilmu pengetahuan pun menggunakan bahasa ini. Selain menjadi bahasa yang tertua, bahasa Yunani juga sulit untuk dipelajari. Hal ini karena tata bahasa dan penulisan aksaranya cukup rumit. Bahkan orang yang bisa mempelajarinya pun belum tentu mampu mengucapkannya loh.

    4. Bahasa Jerman

    Penggunaan kata kerja dan kata benda dalam bahasa Jerman memiliki aturannya sendiri. Bahkan dalam kata benda, bahasa Jerman memiliki empat kasus yang berbeda dan tiga golongan kata untuk tiga jenis kelamin. Bahasa Jerman juga memiliki kalimat infinitif, berguna untuk menciptakan rantai panjang verba di akhir setiap kalimat. Hal tersebut dikarenakan verba terletak di bagian akhir klausa bawaan.

    5. Bahasa Rusia

    Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia karena menggunakan alphabet Cyrillic. Selain alfabetnya yang berbeda, bahasa Rusia juga memiliki intonasi yang berbeda-beda, sehingga terlalu fleksibel dan mudah berubah dalam arti dan nada sesuai dengan konteks kalimatnya. Kata kerja dan tata bahasa dalam bahasa Rusia menambah kesulitan bahasa satu ini.

    6. Bahasa  Finlandia

    Di dalam bahasa Finlandia, kata benda diklasifikasikan dalam 15 kelompok, cara pelafalan bahasa ini pun berbeda, bahasa Finlandia klasik atau kuno dengan bahasa Finlandia kontemporer. Kedua bahasa ini memiliki cara pengucapan dan susunan kata yang berbeda. Bahasa Finlandia termasuk ke dalam rumpun bahasa Finno-Ugrik atau pengelompokan tradisional untuk bahasa, sehingga walaupun menguasai bahasa Jerman atau latin, tetap tak akan bisa menebak arti kata atau kalimat dalam bahasa Finlandia.

    7. Bahasa Mandarin

    Bahasa Mandarin kini menjadi bahasa internasional karena perkembangan ekonomi China yang semakin pesat, tetapi harus diketahui bahwa bahasa Mandarin sangat sulit untuk dipelajari. Pertama, dari segi tata tulis bahasa Mandarin memiliki aksara hanzi. Aksara Hanzi mengharuskan pelafalnya untuk menghafalkan cara menulis dengan benar. Hal ini karena bila salah tulis titik atau pun garis kecil maka akan berbeda arti, apalagi hanzi dalam bahasa Mandarin berjumlah ribuan. Selain itu, bahasa Mandarin juga berbeda antara tulisan dengan bacaan, sehingga mempelajarinya harus benar-benar teliti dan banyak menghafal.

    Kalau Sahabat Makna apakah sudah menguasai salah satu bahasa asing yang sulit di atas? Walaupun sulit asal mau belajar pasti akan bisa kok Sahabat Makna. Sampai jumpa lagi!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here