- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeWedding IdeasAlasan Kenapa Kamu Harus Menunda Pernikahan

    Alasan Kenapa Kamu Harus Menunda Pernikahan

    - Advertisement -spot_img

    Lagi asik main Instagram, banyak postingan pre wedding. Beralih ke TV ternyata banyak juga nih tayangan pernikahan artis. Pas buka WhatsApp, eh ternyata teman dari SD sampai kuliah banyak yang ngundang ke pernikahanan. Gimana nih, jadi kepingin juga ga sih Sobat ?

    Eits, tapi kamu ga boleh gegabah ya! Selain harus memilih pasangan yang tepat untuk menjadi pendamping hidup, tentunya juga perlu dipersipakan dengan matang. Seringkali keinginan untuk menikah muncul begitu saja, terlebih jika kamu sering terpapar dengan kabar pernikahan seperti di sosial media, TV atau bahkan datang dari orang sekitarmu seperti sahabat atau teman kuliah.

    Idealnya usia pernikahan menurut BKKBN adalah 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Usia ini dianggap sudah matang untuk melakukan pernikahan, baik secara emosional maupun kesehatan. Untuk Sahabat Makna yang berencana menikah di bawah usia ideal tersebut, ada baiknya mempertimbangkan alasan kenapa kamu harus menunda pernikahan berikut ya!

    Terhindar dari KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga)

    Image: Freepik.com

    KDRT sebenarnya bisa terjadi pada siapapun, namun kamu bisa loh mendeteksinya sejak dini. Menunda pernikahan bertujuan agar kamu tidak terburu-buru dalam memilih pasangan yang akan mendampingi kamu seumur hidup. Pendekatan bisa kamu jadikan ajang untuk mengetahui kestabilan emosi yang dimiliki pasangan, hal ini sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada kehidupan rumah tangga kamu dan dia. Jika pasanganmu menunjukan tanda-tanda kekerasan sejak saat pendekatan, ada baiknya kamu berfikiran dua kali untuk tetap meneruskan hubunganmu ke jenjang yang lebih jauh.

    Usia ideal untuk melakukan pernikahan yang digaungkan oleh BKKBN dianggap ideal karena pada usia tersebut individu di nilai memiliki emosi yang cukup stabilsehingga dapat menghadapi masalah dalam rumah tangga lebih bijak dan bertanggung jawab.

    Mengurangi Resiko Keguguran pada Perempuan

    Image : Freepik.com

    21 tahun dianggap usia yang ideal untuk menikah bagi perempuan, hal ini dikarenakan pada usia tersebut perempuan sudah memiliki organ reproduksi yang matang, sehingga siap untuk mengalami masa kehamilan. Hamil di bawah usia 20 tahun bisa mengakibatkan sering terjadi keguguran loh! Menurut WHO, kematian ibu dan kematian bayi yang baru lahir 50% lebih tinggi terjadi pada ibu dengan usia di bawah 20 tahun dibandingkan pada ibu yang hamil di usia 20 tahun ke atas.

    Ternyata dampak dari menikah di bawah umur 21 tahun bukan hal yang main-main ya Sobat. Ada baiknya kamu memikirkan kembali sebelum memutuskan untuk menikah muda.

    Menikahi Orang yang Tepat

    Image: Freepik.com

    Selain berusaha tentunya tak lepas dari doa untuk dipertemukan dengan orang yang tepat untuk menjadi pasanganmu. Kamu tentu mengingankan pernikahan satu kali untuk se umur hidup bukan ? Alih-alih tergesa-gesa karena letih dengan kesendirian, ada baiknya kamu menunggu orang yang tepat agar nantinya rumah tangga yang kamu bangun dengan si dia menjadi keluarga yang harmonis.

    selagi menunggu jodoh yang tepat, kamu bisa menyibukkan dirimu dengan memperbaiki diri, mencari pengalaman dan pekerjaan agar waktu yang kamu punya bisa diisi dengan kegiatan positif sehingga tidak terlarut dalam kesedihan akibat jodoh yang tak kunjung datang hehe

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here