- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionAmpuh Usir Bau Badan Pergi, Benarkah Tawas Aman Digunakan oleh Manusia?

    Ampuh Usir Bau Badan Pergi, Benarkah Tawas Aman Digunakan oleh Manusia?

    - Advertisement -spot_img

    Tawas sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi beberapa bagian masyarakat Indonesia, bahkan dahulu tawas dijadikan sebagai salah satu bahan tambahan dalam pembuatan makanan sebagai pengawet. Namun, sekarang pemberian tawas dalam campuran makanan sudah tidak diizinkan lagi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena dapat membahayakan kesehatan manusia. Sekarang sebagain orang menjadikan tawas bukan sebagai pengawet makanan, tetapi deodorant alami pengganti deodorant biasanya. Tawas digunakan sebagai pengganti deodorant karena dipercaya ampuh untuk mengusir bau badan yang tidak sedap, tetapi apakah hal ini aman jika digunakan apalagi dalam waktu lama? Simak informasinya ya Sahabat Makna!

    Image: Pinterest.com

    Mengenal Tawas

    Tawas atau alum merupakan salah satu bahan kimia kalium aluminium sulfat yang telah terhidrasi. Tawas masuk dalam kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan memiliki sifat isomorf. Tawas mampu larut dalam air dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu. Tawas yang dijual dipasaran biasanya berbentuk dua jenis, pertama kristal berwarna putih dan ada yang berbentuk bubuk halus. Tawas yang berbentuk halus biasanya berjenis tawas potassium yang digunakan untuk campuran makanan, sedangkan yang berbentuk kristal sering digunakan sebagai bahan deodorant.

    Jenis-Jenis dan Kegunaan Tawas

    Tawas terbuat dari beberapa jenis bahan kimia yang berbeda-beda, sehingga memiliki karakteristik dan fungsi kegunaan yang berbeda-beda pula. Berikut ini beberapa jenis tawas:

    • Soda tawas: salah satu jenis tawas yang sering digunakan dalam baking powder dan pengasam makanan
    • Amonium tawas: jenis tawas ini sering digunakan dalam perataan atau penyamaan warna, pewarna tekstil, pembuatan tekstil bahan api, pembuatan semen porselen, pemurnian air dan produk deodorant
    • Tawas selenat: tawas yang mengandung senyawa selenium, yakni bahan oksidator kuat, sehingga digunakan untuk antiseptik
    • Potasium tawas: tawas jenis ini terbuat dari kalium aluminium sulfat. Tawas jenis inilah yang sering digunakan sebagai bahan campuran untuk mengawetkan makanan atau ditambah dalam baking powder. Potasium tawas juga digunakan untuk penjernihan air
    • Chrome tawas: tawas jenis ini memiliki senyawa ungu tua, sehingga biasanya digunakan untuk tambahan membuat kristal lavender yang memiliki warna ungu.
    Image : Freepik.com

    Efek Penggunaan Tawas

    Tawas yang memiliki berbagai macam manfaat juga mempunyai efek samping yang ditimbulkan. Jika tidak cocok di kulit maka akan memberikan sensasi menyengat pada kulit. Tawas yang digunakan pada kulit ketiak juga bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Sementara jika digunakan sebagai obat kumur akan membuat tenggorokan sesak dan reaksi alergi. Tawas juga dapat mengakibatkan kulit terasa seperti terbakar, bisul bahkan berujung pingsan. Penggunaan tawas dalam waktu yang lama ke kulit dapat menimbulkan risiko kondisi dermatitis, seperti alergi dan iritasi. Tawas juga dapat memicu mual atau muntah, sakit kepala, gangguan ginjal serta gangguan saraf apabila dikonsumsi. Jadi Sahabat Makna perlu berhati-hati menggunakan tawas ya. Walaupun mampu mengusir bau badan yang tidak sedap, tetap hati-hati dalam menggunakannya. Hentikan penggunaan jika timbul gejala-gejala atau efek samping. Lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

    Sahabat Makna jangan asal ikut-ikutan trend ya, walaupun mungkin tawas lebih ramah lingkungan, tetapi tidak terlalu ramah untuk kesehatan manusia. Jadi, pikir-pikir lagi ya kalau mau menggunakan tawas sebagai pengganti deodorant dan kalau bisa tidak mengonsumsi tawas sebagai bahan campuran makanan walaupun sedikit. Stay save and health Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here