- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeNewsAturan Pernikahan Selama Masa PPKM Darurat di Luar Jawa dan Bali

    Aturan Pernikahan Selama Masa PPKM Darurat di Luar Jawa dan Bali

    - Advertisement -spot_img

    Meningkatnya angka penularan virus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah akhirnya memperpanjang pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) level 4 di 45 daerah di luar pulau Jawa dan Bali hingga 9 Agustus 2021.

    Berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 28 Tahun 2021, terdapat sejumlah aturan terkait penerapan PPKM level 4 di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Diantara aturan yang berlaku adalah terkait di sektor pernikahan. Kebijakan terkait pembatasan dan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah disesuaikan dengan status level di masing-masing wilayah.

    Mengenai pelaksaan pernikahan di luar daerah Jawa dan Bali berikut aturan yang berlaku selama PPKM Darurat :

    PPKM Level 4

    Merujuk Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 25 Tahun 2021 tentang kebijakan acara resepsi pernikahan dan hajatan di wilayah PPKM level 4 maka acara ditiadakan untuk sementara selama perpanjangan PPKM berlaku.

    PPKM Level 3

    Didalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2021, menjelaskan bahwa  untuk kegiatan resepsi pernikahan dan hajatan (kemasyarakatan) paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari kapasitas dan tidak diperbolehkan hidangan makanan ditempat.

    PPKM Level 2 dan 1

    Pada wilayah dengan status zona hijau diperbolehkan dengan batas maximum 50% dari kapasitas. Sedangkan wilayah di luar zona hijau hanya diperbolehkan dengan maximum 25% dari kapasitas. Sama halnya dengan kebijakan pada level di atas, untuk acara resepsi pernikahan dan hajatan tidak diperbolehkan ada hidangan makan ditempat.

    Aturan ini dibuat pemerintah guna untuk menurunkan risiko penularan akibat kegiatan yang membuat kerumunan. Sehingga harapannya kasus corona di Indonesia segera membaik. Setiap penyelenggaraan acara resepsi pernikahan dan hajatan diharuskan untuk mengikuti aturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here