- Advertisement -spot_img
28.1 C
Palembang
More
    HomeEducationBijak Mengelola Sampah yang Sulit Terurai dengan Membuat Ecobrick

    Bijak Mengelola Sampah yang Sulit Terurai dengan Membuat Ecobrick

    - Advertisement -spot_img

    Penggunaan plastik yang sudah lumrah di kalangan masyarakat sebenarnya memberikan dampak buruk bagi kelestarian alam. Ada banyak sekali kasus lautan-lautan yang dipenuhi dengan plastik dan mikroplastik, tak hanya mengancam kehidupan biota laut saja tetapi juga manusia. Selain itu, penumpukan sampah di TPA sudah sangat mengkhawatirkan, efeknya terlihat dengan terjadinya perubahan cuaca yang ekstrem di bumi.

    Oleh karena itu, ada sebagian kelompok manusia yang mulai terbuka untuk menyadari pentingnya menjaga alam, berbagai inovasi diciptakan demi bijak dalam mengelolah sampah salah satunya sampah anorganik yang sulit terurai, yakni dengan membuat ecobrick. Sahabat Makna penasaran apa itu ecobrick? Simak penjelasannya ya!

    Pengertian Ecobrick

    Image: Idntimes.com

    Dilihat dari namanya ecobrick terdiri dari dua kata, yakni eco yang berarti lingkungan dan brick bermakna bata. Ecobrick adalah bata yang ramah lingkungan karena terbuat dari sampah-sampah anorganik yang dihancurkan dan dimasukkan ke dalam botol plastik. Ecobrick menjadi bahan baku pembuatan perabotan yang ramah lingkungan dan juga murah harganya. Ecobrick menjadi salah satu solusi untuk mengelolah sampah plastik yang tidak bisa sepenuhnya dilepaskan dalam kehidupan manusia.

    Jika reuse dan reduce sudah tidak bisa lagi dilakukan maka solusi yang paling ampuh adalah ecobrick. Ecobrick mampu memberikan kembali nyawa untuk kehidupan limbah plastik, selain itu juga menjadi cara lain agar sampah-sampah anorganik tidak terbuang percuma di TPA. Kelemahan plastik yang sulit terurai karena daya tahan dan umurnya yang panjang justru diperlukan untuk membuat ecobrick.

    Manfaat Membuat Ecobrick

    Image: Bukalapak.com

    Esensinya ecobrick dibuat untuk mengelola limbah sampah plastik yang sulit terurai. Limbah sampah anorganik yang dibakar, dibuang ke perairan atau ditimbun di TPA akan memberikan dampak buruk pada lingkungan. Jika dibakar akan mencemari udara, dibuang ke perairan mencemari air dan ditimbun pun akan merusak iklim. Oleh sebab itu, ecobrick menjadi solusi untuk penangan sampah anorganik agar bisa dimanfaatkan kembali oleh manusia.

    Secara fungsional ecobrick dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat perabotan, seperti kursi, meja hingga menggantikan batu bata konvensional, yakni batu bata merah atau batako untuk mendirikan sebuah bangunan. Selain dimanfaat secara fungsional, ecobrick juga bernilai material karena bisa dijual di beberapa platform penjualan online atau ke bank sampah, banyak juga kan manfaat dari ecobrick ini.

    Gampangnya Membuat Ecobrick

    Image: Zerowaste.id

    Membuat ecobrick itu sangat gampang Sahabat Makna, cukup dengan dua bahan saja. Bahan-bahan yang diperlukan hanyalah botol plastik bekas yang ukurannya sama dan sampah-sampah anorganik, seperti kantong plastik, sedotan plastik, kertas plastik dan sterofoam. Namun, ada beberapa bahan anorganik yang tidak boleh digunakan, yaitu kaca, logam dan kertas. Caranya mudah Sahabat Makna, bersihkan dan keringkan sampah-sampah anorganik, botol-botol bekas juga harus dalam keadaan kering.

    Kemudian, masukkan sampah-sampah anorganik ke dalam botol, boleh dalam keadaan utuh atau dipotong kecil-kecil, lalu padatkan sampah. Agar bisa dijadikan bata untuk disusun rapi, timbang setiap botol plastik yang sudah dimasukkan sampah, usahakan untuk membuat beratnya sama. Setelah itu, tutup rapat botol plastik simpan di tempat teduh dan ecobrick siap disulap menjadi barang-barang fungsional atau dijadikan uang.

    Gimana nih Sahabat Makna tertarik membuat ecobrick di rumah? Bahannya mudah didapat dan mudah juga dibuatnya. Cobain ya buat ecobricknya, semoga informasi ini bermanfaat buat Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,221FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here