- Advertisement -spot_img
33.1 C
Palembang
More
    HomeHealthBuah Bit, Si Merah Kaya Manfaat

    Buah Bit, Si Merah Kaya Manfaat

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna, di masa pandemi seperti sekarang ini membentuk imunitas tubuh yang kuat sangat diperlukan. Salah satu hal yang menjadi cara untuk membentuk imun yang kuat adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayur dan buah. Beragam jenis buah dan sayur bisa Sahabat Makna pilih, salah satunya buah yang memiliki warna merah keunguan satu ini, apa lagi kalau bukan buah bit. Buah bit sebenarnya masuk ke dalam jenis umbi-umbian loh. Dikatakan sebagai buah karena mengandung banyak air. Selain itu, ada beberapa hal lagi nih tentang buah bit yang harus Sahabat Makna ketahui, yaitu:

    Asal Buah Bit

    Buah bit yang memiliki nama ilmiah Beta Vulgaris L dan dalam bahasa Inggris disebut beetroot, berasal dari wilayah Timur Tengah, tetapi saat itu hanya daunnya saja yang dimanfaatkan bukan umbiny. Selain di daerah Timur Tengah, buah bit juga ditanam di Mesir, Yunani dan Romawi. Pada abad pertengahan, buah bit dimanfaatkan sebagai obat penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan darah. Pertengahan abad ke-19, sari buah bit menjadi pewarna dalam minuman anggur atau wine.

    Kandungan Nutrisi

    Buah bit mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, dalam 100 gram (gr) buah bit terkandung 87.6gr air, 1.6gr protein, 0.1gr lemak, 9.6gr karbohidrat, 2.6gr serat, 27mg kalsium, 43mg fosfor, 1.0mg zat besi, 29mg natrium, 404.9mg kalium, 0.20mg tembaga, 0.7mg seng, 20mcg karoten total, 0.02mg vitamin B1, 0.05mg vitamin B2, 0.3mg niasin dan 10mg vitamin C.

    Manfaat Buah Bit

    Buah bit memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia. Di antaranya ialah menjaga kesehatan hati karena mampu mendektoksifikasi racun di dalam hati dengan cara mencegah timbunan lemak di hati.  Buah bit mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga tubuh mampu menyerap sari-sari makanan dan mengolahnya dengan baik. Buah bit juga bagus untuk penderita anemia karena mengandung zat besi untuk menyembuhkan anemia dan kandungan folat untuk meningkatkan jumlah darah. Senyawa nitrat yang dapat diubah menjadi asam nitrat yang terkandung dalam buah bit mempu memperlebat dan mengendurkan pembuluh darah, sehingga membuat tekanan darah menurun jika rajin mengonsumsi buah satu ini. Untuk kecantikan, buah bit bisa mencegah penuaan dini karena mengadung vitamin A dan karoten, mampu menangkat radikal bebas membuat kulit menjadi lebih sehat.

    Olahan Buah Bit

    Buah bit dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman segar, seperti jus, milkshake atau smoothie. Ketika mengolahnya menjadi minuman, bisa ditambahkan bahan sehat lainnya, seperti buah-buahan lain, sayur atau madu. Selain minuman, buah bit bisa diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari asinan, kripik, sup bahkan buger. Mengolah buah bit menjadi burger dengan mengganti daging menjadi buah bit yang sudah dipanggang. Mengolah buah bit dengan cara yang sederhana juga bisa kok, yakni dengan merebusnya layaknya jenis umbi-umbian lain.

    Nah Sahabat Makna, bagaimana nih tertarik untuk mencoba mengonsumsi dan merasakan manfaat dari buah yang satu ini? Cobain ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,907FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here