- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionBudaya Beberes dengan Menggunakan Metode KonMari Ala Marie Kondo

    Budaya Beberes dengan Menggunakan Metode KonMari Ala Marie Kondo

    - Advertisement -spot_img

    Hidup akan dijalani dengan lebih lega dan tenang bila keadaan tempat tinggal rapih dan bersih. Untuk membuat keadaan tempat tinggal menjadi rapih dan bersih maka harus melakukan kegiatan beberes. Sahabat Makna bisa menggunakan metode KonMari untuk merapihkan dan membereskan rumah. Masih belum familiar dengan istilah KonMari? Yuk kenalin lebih jauh.

    KonMari adalah suatu metode untuk membereskan rumah yang diperkenalkan oleh Marie Kondo, seorang ahli organizing dan decluttering asal Jepang. Selain itu, Marie Kondo juga seorang penulis buku berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing”. Buku ini merupakan buku yang best-seller karena sudah terjual jutaan kopi di lebih dari 30 negara. KonMari memiliki tujuan untuk membantu membereskan barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi dan hanya menyimpan barang-barang yang membuat pemiliknya bahagia. Hal ini sesuai dengan slogan khas dari metode KonMari, yakni “Does it sparks joy?”. Ada beberapa langkah yang perlu perlu dilakukan oleh Sahabat Makna untuk melakukan beberes dengan metode ini, yaitu:

    Refleksi Diri

    Image : Freepik.com

    Membersihkan rumah tak hanya sekedar membereskan barang-barang di rumah sehingga rapih dan bersih. Marie Kondo mengajak orang lain untuk pertama-tama melakukan refleksi diri. Refleksi diri di sini maksudnya adalah memahami esensi dari beberes rumah. Misalnya, memahami tujuan membereskan rumah, jika masuk ke rumah pertama kali melakukan hal apa serta mengajak kita untuk membentuk dan membayangkan kondisi rumah yang ideal menurut diri sendiri. Setelah merefleksikan diri dan memahami makna beberes bagi diri sendiri, barulah memulai melakukan eksekusi beberes.

    Membayangkan Hunian yang Ideal

    Image : Freepik.com

    Coba bayangkan dahulu bagaiamana rumah atau kamar yang ideal menurutmu. Model, warna dan tatanan seperti apa yang membuat kamu nyaman untuk berada di dalamnya. Selain nyaman, kamu juga merasakan kebahagiaan jika menghuninya. Membayangkan hunian ideal dan impian membuat godaan yang menghampiri akan pergi, sehingga terbebas dari memiliki barang yang tidak perlu atau menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

    Rapihkan dalam Sekali Waktu

    Image : Freepik.com

    Sediakan waktu sehari untuk melakukan beberes karena ini akan lebih baik daripada melakukan beberes dalam jangka waktu beberapa hari. Hal ini karena dapat mengubah cara berpikir seseorang mengenai lingkungan sekitar. Sahabat Makna bisa memulai dengan melakukan seleksi, yakni memisahkan barang-barang yang masih dibutuhkan dengan yang tidak dibutuhkan lagi.

    Bereskan Sesuai Kategori

    Image : Freepik.com

    Jangan membereskan barang sesuai dengan ruangan, misalnya membereskan kamar tidur, dapur, ruang tamu dan lainnya. Namun, lakukan beberes sesuai dengan kategori, seperti membereskan baju, sepatu, buku, peralatan masak dan sebagainya. Menggunakan cara ini akan meminimalisir Sahabat Makna melewatkan suatu barang. Tentukan kategori barang yang akan diseleksi, kumpulkan semuanya di ruangan yang luas lalu mulailah menyeleksi.

    Simpan Barang yang Membuat Bahagia

    Image : Freepik.com

    Untuk langkah ini, hanya dirimu yang mengetahui dan memilih. Apakah suatu barang yang kamu pegang membuatmu merasakan kebahagiaan atau tidak. Jika iya, maka simpan barang itu, jika tidak maka lepaskanlah. Pasti kamu memiliki barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tetapi menyimpan kenangan. Nah, barang seperti itu sebenarnya tidak membuatmu merasakan kebahagiaan, kamu takut melepaskan barang tersebut karena memiliki memori di dalamnya. Namun, dalam melakukan decluttering, kamu harus melepaskan barang-barang seperti itu agar kamu mampu menentukan prioritas.

    Lipat Pakaian Kamu

    Image : Freepik.com

    Dalam metode KonMari, ciri khas yang dimilikinya adalah seni melipat pakaian. Marie Kondo menciptakan teknik melipat pakaian agar terlihat tegak berdiri, bukan mendatar seperti biasanya. Teknik melipat ini juga memudahkan untuk menyusun dengan rapih di lemari atau laci dan memilih pakaian yang akan dikenakan. Gantunglah pakaian yang memang benar-benar akan merasa bahagia jika digantung, seperti jaket atau gaun. Hal ini karena ada beberapa pakaian yang tidak cocok bila digantung.

    Sahabat Makna mau mencoba beberes dengan menggunakan metode KonMari? Kalau iya, kasih tau ya gimana hasilnya dan apa yang Sahabat Makna rasakan setelah melakukannya. Selamat mencoba!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here