- Advertisement -spot_img
24.1 C
Palembang
More
    HomeEducationBukan Hanya Sekedar Menulis Biasa, Membuat Jurnal Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

    Bukan Hanya Sekedar Menulis Biasa, Membuat Jurnal Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna memiliki hobi menulis jurnal? Jika iya, pertahankan ya karena itu merupakan kegiatan yang sangat baik. Selain menjadi media untuk menuangkan pikiran dan perasaan, menulis jurnal ternyata sangat bagus loh untuk kesehatan mental. Menulis jurnal adalah kegiatan menuliskan perasaan dan pikirkan seperti layaknya diary. Namun, menulis jurnal lebih luas karena menjadi media penyalur stres dan tempat untuk mengeksplorasi diri apabila dilakukan secara konsisten.

    Hal ini karena menulis jurnal biasanya melibatkan perasaan yang sulit diungkapkan lewat lisan, sehingga setelah semua perasaan disampaikan lewat tulisan, pikiran dan hati akan merasa lebih ringan. Lantas, apa ya yang menyebabkan menulis jurnal baik untuk kesehatan mental? Penasaran gak nih Sahabat Makna? Yuk simak informasinya!

    1. Mengurangi Stres

    Setiap orang pasti akan mengalami stres karena stres tidak bisa dihilangkan dari manusia. Namun, tingkatan stres dapat dikurangi agar efeknya tidak mengganggu kualitas kehidupan. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan menulis jurnal, hal ini berguna untuk mengenali pemicu stres.

    Jika pemicu stres sudah diketahui maka akan mudah untuk mengatasi stres tersebut. Menulis jurnal juga bisa menjadi media meditasi sebelum tidur loh. Ketika sebelum tidur sudah mengeluarkan perasaan-perasaan yang dirasakan selama seharian ini maka akan bisa mengurangi beban pikiran dan perasaan selama tidur.

    2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

    Jangan heran jika menulis jurnal bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang, hal ini karena dengan menulis jurnal orang akan lebih mengenal dirinya sendiri. Menuliskan perjalanan hidup akan membuat seseorang belajar bahwa ia pernah mengalami kesalahan dan kegagalan di dalam hidup.

    Namun, kesalahan dan kegagalan itu bukanlah sebuah hambatan untuk putus asa, tetapi sebagai pembelajaran untuk bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Oleh sebab itu, kepercayaan diri akan meningkat dan membuat seseorang akan lebih menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi permasalahan di dalam kehidupannya.

    3. Membantu Mencapai Tujuan Hidup

    Semakin dewasa orang akan sering mempertanyakan kepada dirinya sendiri apa tujuan hidupnya. Nah, jika Sahabat Makna konsisten menulis jurnal maka hal ini akan membantu Sahabat Makna untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

    Sahabat Makna bisa menuliskan apa yang diinginkan dan bagaimana cara untuk mendapatkannnya. Menulis jurnal ini menjadi pengingat sekaligus motivasi bagi Sahabat Makna untuk menuju tujuan hidup.

    Oh iya Sahabat Makna, tau gak nih kalau jurnal memiliki beberapa tipe? Berikut ini tipe-tipe jurnal yang bisa Sahabat Makna pilih!

    1. Emotional Release

    Tipe jurnal ini adalah jurnal yang dimanfaatkan untuk melampiaskan emosi baik positif atau pun negatif. Menulis jurnal tipe ini akan membuat Sahabat Makna mampu mengelola emosi secara perlahan dan mengeksperikan hal tersebut dalma bentuk tulisan.

    2. Bullet Journal atau Planning Journal

    Nah, jurnal tipe ini memang dibuat khusus untuk menuliskan rencana-rencana harian yang harus Sahabat Makna capai atau kerjakan setiap harinya. Cara ini memang sangat berguna untuk Sahabat Makna yang memiliki segudang aktivitas dan bingung harus mengerjakan pekerjaan apa terlebih dahulu. Ketika setiap hari menuliskan satu persatu setiap rencana maka Sahabat Makna akan terlatih untuk memilah pekerjaan apa yang harus didahulukan dan ditunda.

    3. Gratitude Journal

    Tipe jurnal ini berisi hal-hal yang disyukuri hari ini, dengan melakukan hal ini Sahabat Makna bisa fokus ke hal-hal baik yang terjadi di dalam hidup dan membuat lebih bersyukur. Sahabat Makna juga akan mudah untuk berterima kasih atas kehidupan, sehingga menciptakan positive vibes di dalam diri.

    Walaupun ada tiga tipe jurnal, tetapi Sahabat Makna bisa membuat ketiganya loh, jadi gak harus memilih satu. Pokoknya sesuai dengan kebutuhan Sahabat Makna aja deh. So, stay health and positive ya Sahabat Makna. Semoga informasinya bermanfaat.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here