- Advertisement -spot_img
33.1 C
Palembang
More
    HomeHealthCatat Masa Kedaluwarsa Barang-Barang Ini di Rumah

    Catat Masa Kedaluwarsa Barang-Barang Ini di Rumah

    - Advertisement -spot_img

    Masa kedaluwarsa biasanya terdapat di setiap kemasan makanan, minuman atau produk kecantikan. Namun, bukan hanya sekedar makanan, minuman atau pun produk kecantikan saja yang memiliki masa kedaluwarsa, barang-barang di rumah pun ada yang memiliki masa kedaluwarsa loh Sahabat Makna. Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa barang-barang yang digunakan sudah melewati masa kedaluwarsa, sehingga tidak layak lagi digunakan dan perlu diganti. Sahabat Makna ada yang tau apa saja barang-barangnya? Berikut ulasannya

    Bantal

    Image : freepik.com

    Bantal memiliki masa kedaluwarsa 2-3 tahun. Memang lumayan lama, tetapi bantal harus diperhatikan cara merawatnya, yakni dengan rajin mengganti sarung bantal, membersihkan dengan vakum cleaner atau mencucinya. Jika tidak dirawat dengan baik dan digunakan melebihi masa kedaluwarsanya, bantal akan menjadi sarang tungau dan bakteri yang bisa berbahaya bagi kesehatan, khususnya kulit manusia.

    Sikat Gigi

    Image : freepik.com

    Tahukah Sahabat Makna, bahwa tempat yang banyak bakteri melebihi kloset kamar mandi adalah sikat gigi. Hal ini karena sikat gigi yang berfungsi membersihkan gigi menjadi tempat terbaik untuk sarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu, sikat gigi harus diganti secara berkala yakni 3 bulan sekali agar fungsi untuk membersihkan gigi menjadi lebih maksimal. Walaupun keadaan sikat gigi masih baik, tetapi jika melebihi batas kedaluwarsa lebih baik diganti ya Sahabat Makna. Perawatan sikat gigi pun harus diperhatikan, seperti tidak meletakkan berdekatan dengan sikat gigi lainnya karena memiliki kemungkinan bakteri akan berpindah tempat.

    Handuk

    Image : freepik.com

    Handuk memiliki masa kedaluwarsa selama 1-3 tahun, tergantung dengan kualitasnya masing-masing. Namun, karena sering dipakai handuk bisa menjadi sarang bakteri, sehingga sangat dianjurkan untuk menggantinya satu tahun sekali. Handuk juga harus dirawat dengan membuatnya selalu kering ketika habis dipakai, jangan sampai handuk dibiarkan lembab. Usahakan memiliki handuk lebih dari satu, agar bisa dicuci dan menggunakan bergantian dengan handuk lainnya.

    Shower Puff

    Image : freepik.com

    Mandi menggunakan shower puff memang terasa lebih bersih karena fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Shower puff yang digunakan secara terus-menerus hanya memiliki masa kedaluwarsa selama 2 minggu saja, jika jarang digunakan bisa sampai 1 bulan. Shower puff harus diganti yang baru secara berkala karena bisa menyimpan banyak bakteri dan jamur. Kalau tidak diganti, bukannya bersih malah menjadi penyebab terganggunya kesehatan kulit Sahabat Makna.

    Sisir

    Image : freepik.com

    Gak disangka kalau sisir punya masa kedaluwarsa loh Sahabat Makna. Setidaknya sisir perlu diganti setahun sekali untuk menghindari adanya bakteri yang menempel di gerigi sisir. Sisir juga harus dirawat dengan membersihkannya seminggu satu kali guna menghindari infeksi di kulit kepala. Salah satu penyebab rontoknya rambut adalah jarangnya sisir dibersihkan loh Sahabat Makna.

    Sandal

    Image : freepik.com

    Ada gak nih Sahabat Makna yang punya sandal kesayangan, sampai udah tipis atau pun putus tapi masih diusahain buat bisa dipakai? Sandal juga ada masa kedaluwarsanya loh Sahabat Makna, 6 bulan sekali harus diganti ya. Sandal juga harus sering dicuci karena bisa menyebarkan infeksi jamur. Hal ini karena sandal yang bersinggungan langsung dengan telapak kaki, sehingga harus menjaga kebersihannya.

    Hayoloh Sahabat Makna, dicek yuk barang-barangnya apa sudah ada yang lewat masa kedaluwarsanya. Kalau ada segera diganti ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,822FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here