- Advertisement -spot_img
29.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionCheck and Recheck dengan Detail sebelum Membeli Thrifting agar Tak Menyesal Setelahnya

    Check and Recheck dengan Detail sebelum Membeli Thrifting agar Tak Menyesal Setelahnya

    - Advertisement -spot_img

    Membeli thrift atau pakaian bekas sudah menjadi sebuah trend tersendiri di masa kini. Pasar penjualan pakaian bekas sekarang pun sudah naik kelas, kalau dulu dijual di pasar-pasar khusus pakaian bekas, sekarang sudah merambah ke penjualan secara online. Sahabat Makna bisa menemukan dengan mudah di sosial media para penjual pakaian bekas, bahkan ada yang membuka toko sendiri loh khusus menjual thrifting. Namun, ada beberapa hal nih yang perlu Sahabat Makna ketahui sebelum membeli thrifting, berikut ini Maknamgz sudah merangkumnya khusus untuk Sahabat Makna!

    Cek Kondisi Jahitan

    Bila ingin membeli baju bekas, Sahabat Makna harus memperhatikan kondisi jahitan pakaian yang akan dibeli. Pastikan saat memilih pakaian bekas perhatikan kondisi jahitan yang tidak rusak, kancing yang lepas atau pun karet yang sudah dalam kondisi melar. Jika Sahabat Makna masih tetap ingin membeli pakaian tersebut, bisa menjadi alasan untuk menawar harga karena pakaian tersebut harus diperbaiki agar bisa dipakai kembali.

    Warna Pakaian

    Sahabat Makna juga perlu memperhatikan warna pakaian yang akan dibeli, pastikan warna baju tidak kusam dan tidak luntur karena warna pakaian bisa saja ada yang lutur jika dicuci. Sahabat Makna bisa juga untuk bertanya kepada penjual apakah warna pakaian yang ingin Sahabat Makna beli luntur atau tidak. Hal ini agar Sahabat Makna bisa memperlakukan pakaian itu secara khsusus bila hendak dicuci.

    Memilih Ukuran yang Tepat

    Terkadang pakaian bekas merupakan produk dari luar negeri, nah Sahabat Makna perlu memperhatikan ukurannya karena setiap negara memiliki ukuran pakaian yang berbeda-beda. Kalau perlu Sahabat Makna mencoba dahulu pakaian tersebut sebelum membeli untuk memastikan pakaian itu benar-benar pas ketika Sahabat Makna pakai.

    Mix and Match

    Thrift shopping memang memerlukan sebuah kreativitas karena harus memadupadankan berbagai model pakaian agar cocok dikenakan dalam satu outfit. Jadi, Sahabat Makna harus pintar-pintar ya untuk mix and match berbagai macam pakaian bekas agar tetap fashionable ketika dikenakan dan membuat Sahabat Makna tampil lebih trendy.

    Bekas Noda

    Hal yang menjadi perhatian lebih ketika membeli pakaian bekas adalah noda yang menempel di pakaian. Apalagi untuk pakaian yang berwarna cerah bahkan putih, noda yang menempel akan mudah sekali terlihat oleh orang lain. Jika Sahabat Makna merasa noda yang ada di pakaian bisa dihilangkan, tidak masalah untuk membelinya. Namun, ketika tidak bisa hilang lebih baik pikir dua kali untuk membelinya.

    Membeli di Tempat yang Dipercaya

    Pilihlah online shop atau toko yang benar-benar Sahabat Makna percaya mengenai produk yang dijualnya. Pastinya perhatikan kebersihan dari pakaian yang dijual agar Sahabat Makna merasa jauh lebih aman ketika mengenakan pakaian tersebut. Akan lebih baik, jika Sahabat Makna melihat ulasan pelanggan sebelumnya agar tidak keliru membeli pakaian bekas di sebuah toko.

    Beli Secukupnya

    Walaupun harga pakaian bekas jauh lebih murah daripada pakaian baru, jangan sampai membuat Sahabat Makna menjadi konsumtif dalam berbelanja. Jika tidak dipikirkan secara matang, bisa saja pakaian yang sudah dibeli tertumpuk saja di lemari tanpa pernah dipakai. Belilah thrifting sesuai dengan kebutuhan dan budget Sahabat Makna, tetap dukung sustainable fashion ya.

    Image: Freepik.com

    Selain informasi mengenai hal yang perlu Sahabat Makna perhatikan ketika membeli pakaian bekas, Maknamagz juga punya tips mencuci pakaian bekas juga loh sebelum digunakan. Hal ini untuk menghindari virus, bakteri dan jamur yang mungkin ada di pakaian bekas menjadi sumber penyakit, seperti penyakit kulit, pencernaan, hingga kelamin. Berikut ini tips mencucinya:

    Rendam atau Rebus Pakaian

    Sahabat Makna bisa merendam pakaian bekas di air mendidih dengan suhu 100 derajat celcius selama 10 menit atau langsung merebusnya. Hal ini bermanfaat untuk mematikan bakteri, jamur dan virus yang ada di pakaian.

    Cuci dengan Diterjen

    Setelah direndan atau direbus, Sahabat Makna bisa mencuci pakaian seperti biasa. Jika bisa gunakan detergen yang mengandung antiseptik dan cuci pakaian bekas terpisah dari pakaian lain. Jangan lupa juga untuk menambahkan pewangi pakaian Sahabat Makna. Kemudian, jemur pakaian  di bawah terik matahari hinga benar-benar kering.

    Setrika dengan Suhu Panas

    Setelah kering, Sahabat Makna perlu menstrika pakaian dengan suhu yang lebih panas dari biasanya, lalu pakaian pun siap untuk digunakan atau disimpan.

    Sampai di sini dulu ya Sahabat Makna, semoga informasinya bermanfaat. Stay save and health ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,511FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here