- Advertisement -spot_img
30.6 C
Palembang
More
    HomeWedding IdeasCiptakan Keharmonisan dalam Hubungan dengan Memahami Bahasa Kasih Anda dan Pasangan

    Ciptakan Keharmonisan dalam Hubungan dengan Memahami Bahasa Kasih Anda dan Pasangan

    - Advertisement -spot_img

    Tahukah Sahabat Makna kalau gak semua orang merasa dicintai dengan hanya diberikan kalimat cinta seperti “Aku mencintaimu”, “Aku sayang padamu” dan sebagainya. Hal ini karena manusia memiliki bahasa kasih yang berbeda-beda, bahasa kasih adalah cara seseorang merasa dicintai dan dihargai. Bahasa kasih diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “The 5 Love Languanges” diterbitkan pada tahun 1995. Apa saja 5 bahasa kasih tersebut, baca selengkapnya ya!

    Kata-Kata Cinta (Word of Affirmation)

    Orang yang memiliki bahasa kasih ini merasa dicintai ketika pasangannya memberikan kalimat pujian atau kata-kata yang positif, seperti “Kamu cantik sekali”, “Aku sangat menyayangimu”, “Masakanmu enak banget” dan lainnya. Kalimat-kalimat pujian yang sederhana seperti itu akan semakin memupuk rasa dihargai dan dicintai, sehingga hubungan semakin harmonis. Namun, orang yang memiliki bahasa kasih seperti ini akan merasa tersakiti dan tercampakkan jika pasangannya melontarkan kata-kata yang negatif, kasar bahkan menghina. Orang dengan bahasa kasih ini akan lebih lama memaafkan dari orang biasanya ketika mendapatkan kalimat yang kurang baik.

    Hadiah (Receiving Gifts)

    Penerimaan hadiah dari pasangan membuat orang dengan tipikal bahasa kasih ini merasa dicintai. Namun, bukan berarti matre atau bersifat materialistis, tipe bahasa kasih ini cenderung menganggap bahwa pemberian sesuatu dalam bentuk nyata adalah tanda cinta kepadanya. Hadiah yang diberikan tidak harus mahal, bisa saja sesuatu yang sederhana, tetapi bisa sangat berharga bagi orang dengan bahasa kasih ini. Misalnya, memberikan susu hangat pada pasangan ketika hendak tidur sebagai perhatian ketika sudah lelah beraktivitas seharian.

    Waktu yang Berkualitas (Quality Time)

    Diberikan perhatian yang tidak terbagi adalah sebuah ungkapan cinta bagi orang yang memilki bahasa kasih ini. Menghabiskan waktu dengan pasangan hanya berdua tanpa gangguan dari yang lain, seperti smartphone, televisi atau orang lain adalah cara menciptakan waktu yang berkualitas dengan pasangan. Menciptakan waktu yang berkualitas bersama pasangan tidak hanya dengan cara liburan berdua saja, mengobrol di atas tempat tidur pun bisa dilakukan. Orang yang memiliki bahasa kasih ini merasa tersakiti dan menganggap pasangannya tidak peduli dan hanya memperdulikan aktivitas lain daripada dirinya jika pasangannya membatalkan janji atau tidak memiliki waktu berkualitas dengannya.

    Pelayanan (Acts of Service)

    Memberikan bantuan kepada orang yang memiliki bahasa kasih tipe ini akan membuatnya merasa dicintai oleh pasangannya. Memberikan pelayanan bukan bearti harus benar-benar melayani seperti tuan, tetapi membantu pekerjaannya sebagai bentuk peduli terhadap dirinya. Misalnya, ketika seorang istri memiliki tipe bahasa kasih ini merupakan orang yang senang melihat rumah dalam keadaan rapih dan bersih. Sebagai seorang suami, hendaklah ikut membantu istri untuk membereskan dan membersihkan rumah.

    Sentuhan Fisik (Physical Touch)

    Tipe bahasa kasih yang satu ini merasa dicintai dan dihargai bila mendapatkan sentuhan fisik dari pasangannya sebagai ungkapan rasa kasih sayang. Sentuhan fisik ini dapat berupa berpegangan tangan, mengusap kepala atau berpelukan. Misalnya, ketika berpergian berdua, pegang tangan pasangan agar dia merasa nyaman dan aman serta merasa dicintai. Tipe bahasa kasih ini akan merasa diabaikan jika pasangannya menolak untuk bersentuhan fisik dengannya atau tidak memberikan hal ini kepadanya.

    Itu dia Sahabat Makna berbagai macam bahasa kasih, coba cek kira-kira Sahabat Makna dan pasangan tipe yang mana nih? Mengetahui bahasa kasih pasangan akan membuat kita tahu bagaimana mengungkapkan rasa sayang dan pasangan merasa dicintai, sehingga membuat hubungan menjadi harmonis. Semoga bermanfaat ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,827FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here