- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeEducationDapatkan Berbagai Macam Manfaat dari Kegiatan Mengompos di Rumah

    Dapatkan Berbagai Macam Manfaat dari Kegiatan Mengompos di Rumah

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna pasti sudah familiar dong dengan kata kompos, yakni salah satu jenis pupuk organik yang sudah lama digunakan. Kompos memiliki pengertian bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut. Bahan-bahan organik berupa kulit buah, jerami, sisa sayuran, sisa buah, daun kering dan sebagainya. Nah, kegiatan membuat kompos disebut dengan mengompos, apa Sahabat Makna pernah mengompos? Mengompos banyak memiliki manfaat loh bahkan bisa dilakukan di dalam rumah. Kira-kira apa saja ya manfaat mengompos di rumah? Simak terus sampe selesai ya!

    Rumah Bersih dan Tidak Berbau

    Sahabat Makna tahu gak kalau mengompos itu membuat rumah apalagi dapur menjadi lebih bersih dan tidak bau loh. Rumah terbebas dari sampah organik, tidak basah dan pastinya tidak ada belatung.  Hal ini karena ketika melakukan kegiatan mengompos, otomatis harus memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Bau sampah yang terdapat di dalam tempat sampah berasal dari sampah organik yang bercampur dengan sampah jenis lainnya, sehingga menimbulkan bau busuk, basah dan muncul belatung. Sedangkan, bila mengompos sampah organik akan dimasukkan ke dalam komposter, sehingga yang tersisa hanya sampah anorganik saja yang bersih, tidak basah dan tidak berbau.

    Mencegah Krisis Iklim

    Ternyata Sahabat Makna, sebanyak 60% sampah yang ada di tempat pemrosesan akhir (TPA) itu merupakan sampah organik. Jadi, ketika mengompos di rumah, kita sudah melakukan langkah pencegahan untuk membuang sampah organik ke TPA. Hal ini sangat berdampak besar loh bagi bumi karena sampah-sampah organik yang terbuang ke TPA tidak akan terurai secara sempurna, sehingga menghasilkan gas-gas metana. Sahabat Makna pasti tahu dong kalo gas metana ini berbahaya bagi bumi, salah satu penyebab krisis iklim dan buat bumi menjadi panas, bahkan 20 kali lebih berbahaya daripada gas karbondioksida. Satu lagi nih Sahabat Makna, gas metana ini rawan terbakar, bahkan sering menjadi penyebab ledakan di TPA dan mengakibatkan TPA longsor.

    Hemat Pengeluaran

    Kalau ada kata hemat pasti Sahabat Makna seneng banget deh. Iya, mengompos itu membuat kita berhemat loh. Jika Sahabat Makna memiliki tanaman atau kebun sendiri, mengompos akan menggantikan pengeluaran membeli pupuk untuk berkebun. Hasil dari mengompos dapat menjadi pupuk alami bagi tanaman-tanaman Sahabat Makna di rumah. Lumayan kan Sahabat Makna pengeluarannya bisa dialihkan ke hal lain, rumah bersih dan gak bau, kantong juga jadi aman.

    Membuat Tanaman Subur

    Sahabat Makna yang suka berkebun di rumah boleh banget nih mencoba mengompos karena bisa langsung memupuk tanaman di rumah. Kalau tanaman sudah dipupuk, tanaman bakal tumbuh dengan baik dan subur. Kalau sudah tumbuh dengan baik dan subur, tanaman bisa berbunga dan berbuah dan kita yang mendapatkan hasilnya dengan baik.

    Merefleksikan Diri

    Mengompos menjadi salah satu cara kita untuk merefleksikan diri, yakni dengan menyadari bahwa segala sesuatu dari alam akan kembali ke alam. Bayangin aja, selama hidup kita sudah banyak mengambil dari alam, baik untuk kebutuhan pangan, sandang bahkan papan. Namun, apakah kita sudah banyak mengembalikannya ke alam? Mengompos melatih diri untuk mengembalikan hal-hal baik yang sudah kita ambil kembali ke alam semesta lagi. Selain itu, kita bisa menjalin hubungan yang lebih mendalam dengan alam.

    Ternyata banyak banget ya Sahabat Makna manfaat mengompos. Gimana nih tertarik juga untuk mulai mengompos?

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here