- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeNewsFakta Unik Penyelengaraan PON XX Papua 2021

    Fakta Unik Penyelengaraan PON XX Papua 2021

    - Advertisement -spot_img

    Pekan olahraga Nasional atau sering disingkat PON merupakan event olahraga terbesar se-Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali. Pada tahun ini Papua akan menjadi tuan rumah PON ke-20, pekan olahraga ini akan berlangsung pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Sebelumnya PON ke-2020 akan dilaksanakan pada tahun 2020, tetapi tertunda dikarenakan pandemi covid-19.

    Ajang pekan olahraga Nasional ini bisa menjadi salah satu sarana promosi pariwisata di Papua dan juga untuk menggaet para wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk datang ke pekan olahraga ini. Dukungan juga diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk kelancaran acara ini,  melansir dari akun Instagram @kemenparekraf.ri membeberkan Lima fakta unik gelaran PON XX Papua. Berikut informasinya Sabahat makna.

    Mempertimbangkan Keamanan dan Kesehatan

    PON ke-20 yang diselenggarakan di Papua seharusnya diadakan pada tahun 2020, tetapi dikarenakan pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia dan dunia maka perhelatan pekan olahraga terbesar se-Indonesia ini ditunda dan diganti pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Dengan menunda penyelenggaraan tersebut,  pantia sangat memperhatikan keamanan dan kesehatan para peserta dan juga official agar kegiatan pada PON ke-20 di Papua dapat berjalan dengan lancar.

    Mencakup Wilayah yang Luas

    PON ke-20 di Papua akan dilaksanakan di 4 okasi yaitu kota Jayapura, kabupaten Jayapura, kabupaten mimika, dan kabupaten marauke. Biasanya Kegiatan pekan olahraga empat tahunan ini dilakukan hanya di dua kota saja.

    Menggunakan Stadion Lukas Enembe

    Stadion Lukas Enembe merupakan salah satu venue olahraga dan juga merupakan satu dari stadion termegah di Indonesia, stadion yang terinspirasi dari Honai atau rumah adat Papua dan juga ditambahkan ukiran motif papua di setiap sisi-sisi stadion Lukas enembe. Stadion ini juga dapat menampung 40.000 penonton dan telah memenuhi standar FIFA dan IAAF

    Noken Ikon Papua

    Noken merupakan ciri khas dari budaya Papua, noken sendiri adalah alat untuk membawa barang barang yang digunakan oleh masyarakat Papua. Di dalam pergelaran PON ke-20 Papua Noken menjadi official merchandise dan akan dibagikan ke atlit dan juga official sebanyak 25 ribu Noken.

    Maskot Endemik Papua

    Kangpho atau kangguru pohon dan Drawa atau cendrawasih akan menjadi maskot dari PON ke-20 di Papua. Kedua hewan ini merupakan hewan endemik dari Papua dan termasuk kedalam hewan yang dilindungi. Hewan kangguru pohon populasinya telah menurun hingga 80 persen sejak penemuannya pada tahun 1990, sedangkan Cendrawasih menjadi hewan yang dilindungi dikarenakan di habitatnya hewan ini menjadi salah satu sasaran dari perburuan liar dan perdagangan ilegal

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here