- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeEducationGak Pakek Ribet! Ikuti 5 Langkah Mudah untuk Mulai Mengompos bagi Pemula

    Gak Pakek Ribet! Ikuti 5 Langkah Mudah untuk Mulai Mengompos bagi Pemula

    - Advertisement -spot_img

    Salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk mengompos adalah memilih jenis komposter. Komposter memiliki beberapa jenis, seperti takakura, gerabah atau komposter pot, komposter tumbler atau drum, worm bin dan biopori. Memilih komposter juga harus teliti ya Sahabat Makna, pilihlah komposter yang sesuai dengan area tempat tinggal, budget dan gaya hidup. Komposter tumbler atau drum sangat cocok untuk Sahabat Makna yang memiliki area tempat tinggal tidak terlalu luas karena komposter jenis ini cocok digunakan di apartement, kosan atau rumah lahan sempit. Selain itu, menggunakan komposter jenis tumbler atau drum ini juga bisa memanen 2 jenis kompos sekaligus loh, yakni pupuk padat dan juga cair. Lalu, bagaimana langkah mengompos dengan komposter tumbler ini? Berikut langkah-langkah mudahnya yang dilansir dari kanal youtube Sustaination!

    Masukan Material Cokelat sebagai Dasar

    Image: Freepik.com

    Material cokelat adalah sisa-sisa organik yang bentuknya kering atau cokelat, seperti daun atau rumput kering, serbuk gergaji, serutan kayu, sekam padi, limbah kertas, kulit jagung, jerami dan tangkai sayuran. Namun, Sahabat Makna juga bisa untuk memakai pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah jadi. Material cokelat ini bisa dijadikan sebagai dasar dalam komposter untuk mulai mengompos.

    Masukan Material Hijau

    Image: Freepik.com

    Material hijau adalah sisa makanan atau senyawa organik dari dapur, seperti sisa sayuran, sisa buah, daun atau rumput segar, teh atau kopi, kulit telur serta kotoran ternak, seperti ayam, itik, kambing dan sapi. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kompos, seperti daging, tulang ikan atau ayam, kulit udang, susu, keju, yoghurt, lemak atau minyak, kotoran anjing atau kucing dan tanaman berpenyakit. Sebelum memasukkan ke dalam komposter, Sahabat Makna harus mencacah sisa organik atau material hijau tersebut, semakin kecil maka semakin bagus. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penguraian atau pengomposan di dalam komposter dan menjaga sirkulasi udara sehingga komposter tidak bau.

    Semprotkan Bioaktivator

    Bioaktivator merupakan konsentrat mikroba yang membantu mempercepat pengomposan. Apalagi jika lebih banyak material cokelat, bioaktivator sangat diperlukan agar mempercapat proses penguraian. Sahabat Makna bisa menyemprotkan bioaktivator ke material hijau secukupnya, jangan terlalu banyak karena akan mengakibatkan kompos menjadi basah dan akan berbau.

    Masukkan Lagi Material Cokelat

    Setelah material hijau dan bioaktivator sudah disemprotkan, masukkan kembali material cokelat. Perbandingannya 2:1 (material cokelat : material hijau). Tujuannya untuk mendapatkan porsi yang pas agar tidak terlalu basah atau terlalu kering. Kemudian, Sahabat Makna bisa mengulangi langkah-langkahnya, yakni memasukkan material hijau dan semprotkan bioaktivator, lalu tutup lagi dengan material cokelat. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai komposter terisi penuh.

    Aduk Komposter

    Mengaduk komposter bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam komposter. Tujuannya supaya komposter tidak berbau dan mempercepat penguraian. Sahabat Makna bisa mengaduk komposter minimal satu kali dalam seminggu, semakin sering mengaduk komposter maka itu akan semakin bagus. Diamkan komposter selama kurang lebih 20-30 hari agar bisa dipanen. Panen kompos cair dari keran bawah komposter agar kompos cair tidak naik ke atas kompos yang bisa menyebabkan kompos terlalu basah dan menjadi bau. Selama didiamkan, jangan lupa untuk mengaduk komposter secara rutin ya Sahabat Makna.

    Sahabat Makna udah siap untuk memulai mengompos belum nih? Mengompos membuat rumah bersih, tanaman tumbuh dengan sehat dan pastinya hubungan manusia dengan alam menjadi semakin erat. Semoga komposnya berhasil Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here