- Advertisement -spot_img
29.1 C
Palembang
More
    HomeEducationGood Bye Bubble Wrap, Yuk Beralih ke yang Ramah Lingkungan

    Good Bye Bubble Wrap, Yuk Beralih ke yang Ramah Lingkungan

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna pasti pernah dong belanja online, mulai dari pakaian, sepatu, tas, perlengkapan rumah bahkan benda elektronik. Namanya juga belanja online bisanya dikirim melalui jasa pengiriman karena jarak tempuh yang terbilang jauh. Oleh karena itu, penjual biasanya mengemas paket belanjaan pelanggan dengan rapih dan aman. Salah satu cara menjaga barang agar tidak rusak atau pecah ketika dikirim adalah dengan menggunakan bubble wrap. Benda satu ini selain digunakan untuk keamanan barang juga satisfying banget kalau dimainin, ketika pecah akan menimbulkan bunyi yang bikin nagih. Namun, di balik itu semua bubble wrap tidak ramah sama lingkungan loh karena terbuat dari plastik yang sulit terurai. Nah Sahabat Makna bisa menggantinya dengan beberapa produk yang ramah lingkungan seperti berikut

    Honeycomb Paper

    Honeycomb paper terbuat dari kertas kraft, pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan lembaran pita-pita kertas kraft menjadi serangkaian sel hexagonal. Kontruksi pembuatan kertas ini memang terinspirasi oleh sarang lebah yang kokoh secara alami. Menggunakan bahan baku kertas, membuat honeycomb paper lebih ringan dan murah. Selain itu, honeycomb paper sangat ramah lingkungan karena mudah didaur ulang dan biodegradable.

    Koran

    Image : freepik.com

    Selain menjadi media informasi, koran yang tidak terpakai bisa digunakan untuk membuat barang menjadi lebih aman. Cukup dengan meremas dan membentuk gumpalan, kemudian diletakkan sebagai alas atau pengganjal barang sudah cukup untuk membuat barang aman.

    Potongan Kertas

    Image: Bukalapak.com

    Kertas cukup dipotong memanjang, kemudian diletakkan di dalam kotak atau wadah barang sebagai alas. Menggunakan kertas potong memang tidak sepraktis menggunakan koran karena harus dipotong-potong terlebih dahulu. Namun, secara penampilan, menggunakan kertas potong jauh lebih aestetik dibandingkan dengan koran yang diremas saja.

    Mushroom Packing

    Image: Trendhunter.com

    Sekilas seperti sterofoam, mushroom packing ini berfungsi untuk menggantikan plastik. Terbuat dari bahan alami, yaitu limbah pertanian yang menyatu dengan matriks akar jamur yang dikenal sebagai miselium. Kemasan jamur dapat dibuat kompos di rumah, dipecah menjadi bahan organik yang tidak beracun.

    Sabut Kelapa

    Image: Rumahmesin.com

    Alternatif yang satu ini sangat mudah dijumpai karena bisa ditemukan di mana pun. Selain sebagai pengaman untuk mengirim barang, sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk menyikat perlengkapan dapur atau sebagai kompos, sehingga tidak terbuang percuma. Karena dari bahan alami, sabut selama bila dihancurkan beisa menjadi media tanam untuk campuran tanah.

    Sahabat Makna, yuk mulai sadari betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup, mulai saja lakukan dari hal-hal yang kecil ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here