- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeHealthHadirkan Sensasi Berbeda Meminum Teh, Kombucha dari Fermentasi Bakteri Patut Dicoba

    Hadirkan Sensasi Berbeda Meminum Teh, Kombucha dari Fermentasi Bakteri Patut Dicoba

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna pernah mendengar peliharaan bernama bakteri scooby? Bagi pengguna sosial media Tiktok mungkin pernah muncul di fyp mengenai orang-orang yang memelihara bakteri ini untuk membuat minuman. Tekstur dari bakteri ini kenyal dan berwarna putih kekuning-kuningan, dipelihara di dalam minuman untuk melakukan fermentasi agar menciptakan rasa yang berbeda. Scooby biasanya dipelihara dalam campuran teh dan gula, hasil dari fermentasi teh dan bakteri ini disebut dengan teh kombucha. Penasaran apa itu teh kombucha dan manfaat mengonsumsinya? Baca sampai habis ya Sahabat Makna!

    Nama scooby merupakan akronim atau singkatan dari symbiotic culture of bacteria and yeasts. Scooby lebih tepat dikatakan sebagai kumpulan bakteri dan ragi dibandingkan sebagai suatu jenis jamur. Scooby yang mengandung bakteri dan ragi akan menghasilkan mikroorganisme yang dapat memfermentasi cairan tempatnya hidup.

    Mikroorganisme yang hidup di dalam scooby ada beberapa macam, yakni Acetobacter xylinum, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailli dan Candida sp. Scooby pun akan membentuk alkohol serta mengubah cairan, sehingga memiliki rasa asam. Biasanya tempat hidup scooby adalah campuran teh yang sangat manis, lalu setelah difermentasikan dengan scooby disebut sebagai kombucha.

    Image: iStock

    Fermentasi adalah perubahan kimiawi dari senyawa-senyawa organik oleh enzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Kombucha merupakan salah satu produknya, memiliki rasa manis, asam, segar dan ada sensasi sparklingnya. Kombucha memiliki berbagai macam nutrisi, yakni asam-asam organik seperti asam asetat, asam glukonat, asam glukoronal, asam sitrat dan sebagainya. Kombucha juga memiliki beberapa kandungan vitamin seperti B1, B2, B6, B12 dan C. Enzim hidrolik, mineral, karbon dioksida, polifenol, ethanol, asam amino dan senyawa kimia anti mikroba juga terdapat di dalam kombucha. Kombucha adalah salah satu minuman probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

    Selain baik untuk kesehatan pencernaan, mengonsumsi kombucha juga bermanfaat menjaga kesehatan hati karena kaya antioksidan yang membantu proses pembuangan zat beracun di dalam hati. Kemudian, kombucha juga mampu melindungi tubuh dari kanker, menurunkan tingkat gula darah sehingga baik bagi penderita diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal karena kombucha mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

    Namun, sebenarnya membuat teh kombucha yang tidak tepat dapat berakibat fatal, hingga mengalami keracunan. Meminum teh kommbucha juga tidak dianjurkan bila terlalu banyak dan sering karena ada efek samping yang diakibatkan dari mengonsumsi teh kombucha, seperti sakit kepala, sakit perut dan mual. Hal ini diduga karena kandungan alkohol di dalam teh kombucha yang berasal dari proses fermentasi alami. Mengonsumsi teh kombucha juga tidak disarankan untuk ibu hamil, anak-anak, penderita penyakit hati, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti penderita HIV/AIDS dan pencandu alkohol.

    Sahabat Makna udah nyobain belum teh kombucha ini? Jangan terlalu banyak dan sering ya karena gak bagus juga untuk kesehatan. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang ga ada yang baik Sahabat Makna, stay save and health ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here