- Advertisement -spot_img
33.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionHilangkan Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Bahan Alami

    Hilangkan Tumit Pecah-Pecah dengan 5 Bahan Alami

    - Advertisement -spot_img

    Merawat wajah saja tidak cukup untuk membuat tampil sempurna, dari ujung kepala hingga kaki seharusnya semuanya dirawat. Berbicara mengenai kaki memang tidak bisa luput dari berbagai macam permasalahan. Mulai dari bau kaki, ukuran kaki, hingga tumit yang sering mengalami pecah-pecah. Penyebab tumit pecah-pecah ada beberapa hal, pertama kulit kaki yang kering bisa disebabkan karena penuaan atau usia. Kedua, iritasi akibat sabun detergen atau penggunaan sabun dalam jangka waktu yang lama, sehingga kulit kehilangan kelembapannya. Ketiga, bisa disebabkan oleh infeksi jamur, selanjutnya karena terlalu berlebihan menggosok kulit ketika mandi, sering mandi air panas, sepatu yang tidak pas di kaki dan berjalan tanpa alas kaki.

    Jika Sahabat Makna sudah mengalami tumit pecah-pecah, tetap tenang ya karena masih bisa disembuhkan bahkan hilang dengan beberapa cara, termasuk menggunakan bahan-bahan yang alami. Ini dia 5 bahan alami yang bisa digunakan Sahabat Makna:

    Minyak Zaitun

    Image: Freepik.com

    Cukup oleskan minyak zaitun ke permukaan tumit yang pecah-pecah, sambil memijatnya dengan lembut selama 10-15 menit, kemudian tutup dengan kaos kaki, biarkan semalaman agar menyerap maksimal. Minyak zaitun membantu melembapkan kulit dan merangsang sirkulasi darah, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

    Petroleum Jelly dan Air Lemon

    Image: Freepik.com

    Cara membuatnya adalah pertama, rendam kaki di air hangat selama 20 menit, setelah selesai keringkan. Kedua, campurkan 1 sendok teh petroleum jelly dan 3 sendok teh air lemon dalam sebuah wadah dan aduk hingga merata. Ketiga, oleskan campuran tersebut ke tumit yang pecah. Keempat, diamkan selama 1 jam, bisa juga menggunakan kaos kaki untuk membungkusnya. Gunakan campuran ini secara rutin agar hasil maksimal.

    Lulur Oatmeal

    Image: Freepik.com

    Membuat lulur oatmeal sangat mudah, cukup campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk merata hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan ke tumit dan diamkan sekitar 30 menit hingga meresap, lalu bilas dengan air bersih. Ternyata lulur oatmeal ini telah digunakan sejak dahulu untuk menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi dan meradang.

    Bawang Putih dan Madu

    Image: Freepik.com

    Pada malam hari sebelum tidur, parut 4 siung bawang putih dan campurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan ke tumit yang mengalami pecah-pecah. Keesokan harinya bilas hingga bersih menggunakan air dingin lalu oleskan madu. Kandungan antibakteri dan antimikroba di kedua bahan ini dapat membantu melembabkan kulit dan mempercepat penyembuhan untuk tumit yang pecah-pecah.

    Masker Pisang

    Image: Freepik.com

    Pisang mengandung vitamin A, B6 dan C yang membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Sedangkan madu bermanfaat untuk membantu kulit tetap terhidrasi dengan menarik air pada jaringan dalam ke lapisan luar kulit. Membuat masker pisang dari kedua bahan ini sangat gampang, cukup hancurkan satu buah pisang dan campurkan madu satu sendok teh. Oleskan secara merata dan perlahan di tumit, kemudian diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

    Sahabat Makna bisa mencoba salah satunya nih, lakukan secara rutin ya untuk mendapatkan tumit yang halus dan lembut, sehingga bisa tampil maksimal dan percaya diri!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,825FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here