- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeHealthInfeksi Liver Menjadi Penyebab Meninggalnya Ameer Azikra, Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga...

    Infeksi Liver Menjadi Penyebab Meninggalnya Ameer Azikra, Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Hati

    - Advertisement -spot_img

    Kabar duka datang dari keluarga almarhum Ustad Arifin Ilham. Adik Alvin Faiz, Ameer Azzikra, meninggal dunia. Dilansir dari Tribunseleb.com Pria yang belum genap berusia 20 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin, 29 November 2021. Sebelum dikabarkan meninggal dunia, suami dari perempuan cantik bernama Nadzira Shafa itu sempat koma dan dirawat secara intensif di rumah sakit. Diketahui penyebab dari meninggalnya Ameer karena infeksi liver yang dideritanya. Nah Sahabat Makna, Maknamagz punya beberapa referensi makanan yang patut dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati loh! Apa saja kira-kira? Baca selengkapnya ya!

    Oat Meal

    Image: Freepik.com

    Oat meal adalah salah satu makanan sehat kaya akan serat dan mengandung senyawa yang disebut dengan beta-glukan. Dari sebuah riset pada hewan, beta-glukan ini mampu mengurangi jumlah lemak yang disimpan di hati, sehingga dapat melindunginya. Serat yang terkandung di dalam oat meal juga mampu untuk menjaga kesehatan organ hati.

    Bawang Putih

    Image: Freepik.com

    Sejak dahulu, bawang putih bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih memiliki manfaat untuk membersihkan darah, menjaga sistem pernafasan serta dapat melindungi organ hati.

    Kopi

    Image: Freepik.com

    Sekarang kopi sudah menjadi primadona berbagai kalangan masyarakat, selain enak dan dapat disajikan dalam berbagai campuran kopi juga kaya akan manfaat, terutama untuk organ hati. Kopi bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, terutama penumpukan lemak di hati. Kopi juga dapat meningkatkan antioksidan pelindung di hati. Senyawa di dalam kopi juga dapat membantu enzim hati untuk membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker.

    Sayuran Hijau

    Image: Freepik.com

    Sudah menjadi rahasia umum kalau sayuran hijau memilki berbagai macam manfaat, salah satunya untuk menjaga organ hati. Contohnya adalah kol atau brokoli yang mengandung isotiosianat yang mampu memengaruhi penyakit kronis seperti sirosis hati. Unsur yodium yang terkandung di dalam sayuran hijau juga penting untuk menghindari penyakit getah bening dan memicu kekebelan tubuh. Selain kol atau brokoli, ada juga sayuran bayam yang mengandung betaine yang berfungsi sebagai komponen nutrisi fungsi hati.

    Alpukat

    Image: Freepik.com

    Sebuah riset ilmiah membuktikan bahwa buah alpukat berpotensi untuk mencegah radang hati dan menekan risiko keracunan hati pada tikus percobaan. Penelitian lebih lanjut pun menunjukkan apabila mengonsumsi buah alpukat secara rutin dan mengkombinasikannya dengan makanan yang mengandung beta karoten membantu hati menyerap unsure pro-vitamin A dan mengubahnya menjadi vitamin A.

    Buah Beri

    Image: Freepik.com

    Buah beri memiliki cita rasa yang khas, yakni asam manis. Ada beberapa jenis buah beri yang dapat dikonsumsi untuk memilihara kesehatan hati, yaitu strawberry, raspberry dan cranberry. Buah-buahan ini mengandung antioksidan, anthocyanin dan polyphenols yang telah terbukti dapat menghambat perkembangan sel kanker di hati.

    Jeruk Bali

    Image: Freepik.com

    Menurut World Journal of Gastroenterology, jeruk bali memiliki dua antioksidan utama, yakni naringin dan neringenin. Dua antioksidan utama ini bermanfaat melindungi hati dari cedera dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel hati. Selain itu, senyawa ini juga berguna untuk mengurangi penumpukan lemak di hati dan meningkatkan enzim yang membakar lemak. Jeruk bali juga dapat membantu mengurangi penyakit hati lemak non-alkoholik.

    Nah, Sahabat Makna mulai sekarang yuk perhatikan kondisi kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan sehat sangat perlu untuk memelihara tubuh karena penyakit tidak pandang umur. Stay save and health ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    17,431FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here