- Advertisement -spot_img
26 C
Palembang
More
    HomeWedding IdeasIngin Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Setelah Menikah, Mulai dengan Cara Ini

    Ingin Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Setelah Menikah, Mulai dengan Cara Ini

    - Advertisement -spot_img

    Bagi Sahabat Makna yang baru menikah, gaya hidup minimalis sangat cocok diterapkan. Apalagi jika baru menikah keadaan finansial belum terlalu matang, sehingga sangat baik untuk belajar mengelola keungan dengan menahan diri memiliki barang yang tidak dibutuhkan. Gaya hidup minimalis memiliki banyak manfaat, mulai dari dapat merasa bahagia, belajar bersyukur, bersahabat dengan keuangan dan masih ada lagi. Namun, terkadang pasangan yang baru menikah bingung untuk memulai gaya hidup minimalis. Tidak perlu risau, kita bahas di sini ya!

    Lakukan Decluttering

    Image: Freepik.com

    Decluttering dapat dimaknai sebagai kegiatan menyingkirkan benda-benda yang tidak lagi dipakai. Selagi belum berumah tangga mungkin Sahabat Makna memiliki banyak sekali barang. Namun, barang-barang itu tidak semuanya digunakan, mungkin ada yang dibeli karena sedang diskon atau menarik mata. Ketika sudah memulai hidup baru dan akan tinggal bersama pasangan, Sahabat Makna bisa menyortir barang-barang yang dimiliki, ambil yang memang diperlukan saja. Barang yang tidak diperlukan tetapi masih layak digunakan bisa diberikan kepada keluarga, tetangga atau orang yang membutuhkan.

    Miliki Barang Sesuai Kebutuhan

    Image: Freepik.com

    Jika sudah tinggal terpisah dengan orang tua, biasanya akan mulai membeli perlengkapan rumah tangga nih. Sahabat Makna harus fokus ya untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. Jangan sampai karena sangat semangat untuk memulai hidup baru malah menjadi komsumtif. Sahabat Makna bisa membuat list barang-barang yang dibutuhkan, agar ketika mulai membeli tidak lapar mata.

    Reuse dan Repurpose

    Image: Freepik.com

    Sahabat Makna harus tahu ni kalau menerapkan gaya hidup minimalis bisa juga loh melestarikan lingkungan. Hal ini karena dalam konsep hidup minimalis, selain membeli barang yang dibutuhkan saja, bisa juga memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak dibutuhkan menjadi barang yang dibutuhkan. Contohnya, ketika baju sudah tidak bisa lagi dipakai karena kecil, bisa diubah dengan menjadikannya tas untuk berbelanja. Selain tidak perlu mengeluarkan uang, dengan cara ini bisa juga melestarikan alam.

    Membeli Produk Lokal

    Image: Freepik.com

    Ketika baru menikah pasti senang sekali bisa berbelanja bersama, sepertinya kegiatan belanja ini memang sangat mengasyikan ya. Nah, jika menerapkan gaya hidup minimalis, Sahabat Makna bisa membeli barang dan mengonsumsi makanan produk lokal. Selain bisa membantu produsen dan petani lokal, Sahabat Makna bisa juga menghemat pengeluaran. Hal ini karena produksi lokal memiliki harga jual yang murah daripada barang import, sehingga bisa menekan pengeluaran.

    Ayo, Sahabat Makna yang ingin memulai gaya hidup minimalis bisa diikuti ya cara-cara di atas. Tetap jaga kesehatan fisik dan jiwa!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,824FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here