- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionJangan Sampai Salah Step by Step Memakai Skincare, Kalau Mau Hasil yang...

    Jangan Sampai Salah Step by Step Memakai Skincare, Kalau Mau Hasil yang Maksimal

    - Advertisement -spot_img

    Skincare sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar orang, apalagi perempuan. Produk skincare berfungsi untuk menyembuhkan permasalahan kulit serta merawat kulit agar tetap bersih dan sehat. Memakai skincare biasanya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Skincare memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga pemakaiannya bukan hanya sekedar satu produk saja, tetapi bisa satu rangkaian yang terdiri dari lebih dari dua produk. Kandungan dan tekstur dari setiap produk skincare berbeda-beda, sehingga memakainnya juga tidak bisa sembarangan harus sesuai urutan untuk hasil maksimal. Menggunakan skincare dimulai dari yang teksturnya paling cair hingga paling kental, bagaimana urutannya? Baca sampai habis ya!

    Facial Wash

    Image: Freepik.com

    Mencuci wajah adalah hal pertama yang dilakukan sebelum memakai rangkaian skincare lainnya. Fungsi mencuci wajah adalah untuk melembutkan kulit, membersihkan kulit dari kotoran dan debu yang menempel di wajah serta membuka pori-pori agar produk skincare lainnya bisa menyerap dengan baik. Jika ingin kulit wajah lebih bersih dan lembut, gunakan teknik double cleansing, yakni pertama menggunakan produk pembersih makeup, seperti micellar water kemudian mencuci wajah dengan sabuh wajah.

    Toner

    Image: Freepik.com

    Selanjutnya adalah menggunakan toner wajah. Toner juga berfungsi untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih di wajah yang mungkin masih menempel setelah mencuci wajah. Bila kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempeskan jerawat serta mencegah kemunculan jerawat baru. Menggunakan toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH kulit, pH kulit normal untuk perempuan dewasa berada di kadar 4,2-5,6 karena skincare akan bekerja lebih baik di kulit pH yang normal.

    Essence

    Image: Freepik.com

    Sebagian perempuan mewajibkan essence untuk ada di dalam rangkaian skincare rutinnya. Essence terbuat dari cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi, bertujuan untuk melembabkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya meresap dengan baik. Essence membantu untuk menenenangkan dan menutrisi kulit serta mencegah penuaan. Menggunakan essence cukup dengan menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan dan oleskan ke seluruh wajah.

    Serum

    Image: Freepik.com

    Serum memiliki teksur yang ringan, tidak terlalu cair seperti air tapi tidak terlalu kental seperti pelembab. Serum menjadi sebagai vitamin untuk kulit wajah karena memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Gunakan serum dengan cara meneteskan sekitar 4 tetes ke beberapa titik area wajah lalu ratakan ke seluruh kulit, tepuk perlahan dengan telapak tangan agar bahan aktif di dalam serum terlepaskan dan bisa menyerap maksimal.

    Moisturizer

    Image: Freepik.com

    Setelah memakai serum, jangan lewatkan untuk memakai pelembab wajah agar kulit wajah lembab dan halus, untuk kulit kering gunakan pelembab wajah bertekstrur krim. Pemilik kulit wajah normal dan kombinasi bisa menggunakan pelembab dengan tektur krim yang lebih kental. Sedangkan, untuk kulit berminyak bisa menggunakan pelembab bertekstur cair atau gel. Cara menggunakan pelembab cukup dioleskan di pipi lalu pijat-pijat sampai ke seluruh wajah.

    Sunscreen

    Produk perawatan yang paling penting adalah sunscreen atau tabir surya. Hal ini karena sunscreen berfungsi untuk mencegah timbulnya kerutan, garis-garis halus, ketidak sempurnaan tekstur serta perubahan tampilan pori-pori. Penggunaan sunscreen secara rutin bisa membantu untuk mencegah kanker kulit. Menggunakan skincare harus setiap hari dan selalu diulang setidaknya dua jam sekali, ketika hari mendung pun harus tetap memakainya. Gunakan sunscreen yang memiliki minimal SPF 30.

    Sahabat Makna apa sudah benar urutan skincarenya? Kalau belum lakukan dengan benar ya. Selain menggunakan skincare dengan urutan yang benar, Sahabat Makna juga harus menggunakan dengan konsisten karena hasil dari perawatan skincare tidak instan, sehingga harus rutin dipakai. Semoga bermanfaat ya Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here