- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomePoliticsKasus Corona Meningkatkan, 3 Negara Ini Tarik Warganya dari Indonesia

    Kasus Corona Meningkatkan, 3 Negara Ini Tarik Warganya dari Indonesia

    - Advertisement -spot_img

    Melonjaknya kasus baru virus Corona di Indonesia, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Minggu, 08 Agustus 2021 terjadi penambahan 26.415 orang terpapar virus corona dalam 24 jam terakhir. Meskipun pandemi di Indonesia telah berlangsung lebih dari 500 hari tetapi sampai saat ini kasus baru COVID-19 masih terus bertambah dari hari ke hari. Dengan demikian, jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 kini berjumlah 3.666.031 orang terhitung dari Maret 2020.

    Memburuknya kondisi COVID -19 di Indonesia menyebabkan banyak warga negara asing (WNA) yang memutuskan untuk pulang ke negara asal mereka dan juga atas dasar permintaan dari pemerintahan, asal warga negara asing tersebut. Tentu saja pandemi ini memiliki dampak yang sangat berpegaruh khusunya dalam hubungan diplomatis indonesia dengan negara-negara di dunia.

    Keputusan beberapa negara ini meminta warga negaranya untuk tidak berpergian secara langsung atau tidak langsung ke Indonesia didasarkan pada kepedulian pemerintah negara tersebut, terhadap keselamatan warga negaranya dan juga dikarenakan Indonesia masih berada di posisi pertama untuk penambahan kasus harian kematian COVID-19 di dunia.

    Arab Saudi

    Kerajaan Arab Saudi meminta warga negaranya untuk pulang dari Indonesia karena adanya lonjakan kasus COVID-19. Dilansir dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi melalui akun Twitter resminya @MOISaudiArabia, mengatakan bahwa Perjalanan langsung atau tidak langsung warga negara ke Indonesia dilarang, dan warga negara di Indonesia harus segera kembali ke Kerajaan.

    Kemudian, Saudi Press Agency (SPA) mengutip sumber resmi di kementerian dalam negeri Arab Saudi, meminta warga Saudi yang sudah berada di Indonesia, untuk berhati-hati, menjauh dari daerah yang menyaksikan penyebaran virus, mengikuti semua tindakan pencegahan. Proses pemindahan warga negara Arab Saudi yang berada di Indonesia akan dilakukan oleh Departemen Evakuasi Medis Udara, kementerian dalam implementasi arahan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

    Jepang

    Warga Jepang juga ramai-ramai meninggalkan Indonesia di tengah kasus Corona yang meningkat drastis. Melansir dari Nikkei Asia, Pemerintah Jepang akan menyiapkan penerbangan khusus bagi warga Jepang yang ingin pulang dan pada tanggal 14 Juli 2021, sebuah pesawat yang membawa sekitar 50 ekspatriat Jepang dan anggota keluarga meninggalkan Indonesia di tengah gelombang varian Delta yang sangat menular. Pesawat All Nippon Airways tiba di Bandara Narita, dekat Tokyo, pada 15 Juli.

    Sedikitnya 2 ribu warga negara Jepang dipulangkan sejak awal Juli. Kedutaan Jepang memulangkan warganya menggunakan pesawat charter.  Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan, langkah tersebut diambil untuk melindungi keselamatan warga negara Jepang dari risiko penularan Covid-19.

    Vietnam

    Sebelum Arab Saudi dan Jepang, Kedutaan Vietnam di Jakarta telah membuka pendaftaran untuk warganya yang ingin pulang ke negara asalnya tersebut. Pengumuman resmi bahkan sudah disampaikan dilaman situs Kedutaan Vietnam vembassy-jakarta.mofa.gov.vn. Berdasarkan laman di Kedutaan Besar Vietnam di Indonesia tersebut.

    Hanya saja, pendaftaran ini hanya difokuskan untuk warga negara vietnam yang tergolong ke dalam kategori prioritas. Tetapi, selain warga negara yang termasuk dalam kategori prioritas, warga negara yang memiliki keperluan jelas juga bisa kembali dan mendaftarkan diri untuk ikut dalam pendaftaran yang dibuka oleh Kedutaan Vietnam.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here