- Advertisement -spot_img
30.6 C
Palembang
More
    HomeHealthKeluarga Sehat Melalui Program GERMAS (Gerakan Masyarakat)

    Keluarga Sehat Melalui Program GERMAS (Gerakan Masyarakat)

    - Advertisement -spot_img

    Di era sekarang, di mana semua aspek kehidupan mendapatkan kemudahan dengan adanya teknologi yang dapat membantu kegiatan manusia, namun hal ini sekaligus juga berdampak negatif bagi kesehatan. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini membuat masyarakat malas bergerak karena mengandalkan kecanggihan dari digital tersebut. Hal ini dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.  

    Demi terwujudnya Indonesia sehat yang menjadi visi presiden dalam Agenda ke-5, Kementrian Kesehatan RI membuat program dengan nama Gerakan Masyarakat (GERMAS) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

    Kesehatan masyarakat sangat efektif dalam menurunkan beban negara dalam pembiayaan pelayanan kesehatan akibat kasus penyakit.  Semakin banyak masyarakat yang sehat, maka semakin banyak sumber daya manusia yang produktif, hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan keluarga dan perekonomian negara.

    Melalui gerakan ini, masyarakat diharapkan dapat merubah kebiasan perilaku tidak sehat dan mampu menerapkan perilaku sehat secara mandiri. Masyarakat diajak untuk berperan aktif dengan menerapkan program GERMAS dilingkungan keluarga. Beberapa contoh kegiatan yang dapat diterapkan oleh anggota keluarga melalui program ini, yaitu:

    Image : unsplash.com

    Melakukan Aktifitas Fisik Setiap Hari

    Kementrian Kesehatan RI menyarankan untuk melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit perhari. Aktifitas fisik yang dilakukan bisa dimulai dari kegiatan sederhana seperti berjalan kaki, berkebun, mencucui pakaian, dan pekerjaan sehari-hari sampai bisa juga berolahraga seperti berenang,yoga, lari dan lain-lain.

    Pentingnya melakukan aktifitas fisik adalah untuk mempertahankan kualitas hidup agar tetap bugar dan meningkatkan produktifitas anggota keluarga.

    Image : unsplash.com

    Makan Buah dan Sayur

    Beberapa jenis makanan yang marak di zaman sekarang, seperti junk food sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh di masa yang akan datang. 

    Melalui program ini, anggota keluarga diajak untuk menambah jumlah konsumsi buah dan sayur. Membiasakan mengkonsumsi buah dan sayur pada anggota keluarga sejak dini mampu menghindari tubuh dari berbagai penyakit, selain itu dapat mendapatkan banyak manfaat yang besar dari mengkonsumsi buah dan sayur.

    Image : unsplash.com

    Semua Anggota Keluarga Bebas Rokok

    Merokok di dalam rumah sangat tidak dibenarkan, hal ini dikarenakan wanita dan anak-anak memiliki kerentanan terkena dampak yang sama dengan perokok aktif. Asap rokok yang dibuang di dalam rumah akan tersebar selama 4-6 jam dalam ruangan dan berdampak buruk bagi kesehatan anggota keluarga. Berhenti dari kebiasaan merokok dapat menyelamatkan anggota keluarga dan meningkatkan kualitas hidup keluarga.

    Masih ada kegiatan lain di dalam program GERMAS tersebut, namun program ini tidak akan berhasil apabila hanya mengandalkan sektor kesehatan saja. Harapannya kita semua dapat menyukseskan program GERMAS dengan cara berperan aktif melaksanakan kegiatan yang ada di dalam program tersebut.

    Hal ini merupakan bentuk  upaya promotif dan preventif yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka kesakitan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,827FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here