- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeEducationKentalnya Nuansa Indonesia di Universitas Leiden Belanda

    Kentalnya Nuansa Indonesia di Universitas Leiden Belanda

    - Advertisement -spot_img

    Ekspansi wilayah yang dilakukan oleh Belanda di Indonesia selama beberapa tahun di masa lampau membuat catatan sejarah dan hubungan baik yang masih terjalin hingga kini. Di Indonesia jejak-jejak peninggalan Belanda sangat banyak dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Begitu pun jejak-jejak Indonesia, masih ada di negara Belanda hingga kini. Salah satu jejak Indonesia di negeri kincir angin ini ada di Universitas Leiden. Salah satu universitas yang menjadi tempat beberapa tokoh Indonesia menimba ilmu dan incaran bagi penerima beasiswa. Universitas Leiden memiliki nuansa Indonesia yang kental dilansir dari situs Titik Nol English, apa saja kira-kira? Simak selengkapnya ya!

    Patung Husein Djajadiningrat

    Image: Goodnewsfromindonesia.com

    Husein Djajadiningrat adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor. Husein Djajadiningrat meraih gelar doktor dalam bidang humaniora dengan segudang prestasi yang dicapainya. Sebagai penghargaan secara simbolis kepada Husein Djajadiningrat, didirikanlah patung dirinya di Aula Universitas Leiden yang sampai sekarang masih berdiri kokoh.

    Kota Lahirnya Organisasi Perhimpunan Indonesia

    Image: Tribunnewswiki.com

    Pada tahun 1908, berdirilah Indische Vereeniging atau Perhimpunan Indonesia di Kota Leiden. Perhimpunan Indonesia adalah organisasi yang diprakarsai oleh para pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di negeri kincir angin. Organisasi ini melahirkan tokoh-tokoh yang berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya Mohammad Hatta.

    Bangunan Bersejarah Tempat Tinggal Pelajar Indonesia

    Image: Goodnewsfromindonesia.com

    Tepat di Jalan Noordeinde, nomor 32 di Kota Leiden, berdiri bangunan kokoh yang menjadi saksi bisu perjuangan pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikan di Belanda dan mengurus Perhimpunan Indonesia. Letak bagunan ini tak jauh dari Universitas Leiden, bangunan ini adalah tempat tinggal bagi para pelajar Indonesia di Belanda.

    Museum Volkenkunde

    Image: Volkenkunde.nl

    Ada hal menarik yang Indonesia sekali di museum ini, yakni ruang khusus yang berfungsi untuk memajang koleksi-koleksi bernuansa Indonesia, mulai dari arca kerajaan, naskah kuno hingga perhiasan tradisional. Kota Leiden sudah menerima banyak sekali pelajar Indonesia dari dulu hingga kini, jadi tidak heran bila Leiden mendapatkan banyak koleksi buku hingga naskah yang berhubungan dengan Indonesia.

    Sahabat Makna tertarik untuk menimba ilmu di Universitas Leiden? Ada beberapa beasiswa nih yang ditawarkan untuk bisa kuliah di sana, seperti beasiswa LPDP, beasiswa StuNed, beasiswa LExS, beasiswa Leiden Science Indonesia dan beasiswa Erasmus International Credit Mobility. Sahabat Makna bisa coba lamar nih beberapa beasiswa itu. Semoga bermanfaat informasinya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here