- Advertisement -spot_img
25 C
Palembang
More
    HomeWeddingKeunggulan Kartu Nikah Digital yang Diluncurkan Kemenag

    Keunggulan Kartu Nikah Digital yang Diluncurkan Kemenag

    - Advertisement -spot_img

    Kementerian Agama Republik indonesia (Kemenag) mulai bulan agustus 2021, akan menghentikan penerbitan kartu nikah yang berbentuk fisik, dan sebagai gantinya akan meluncurkan kartu nikah digital yang mulai dirilis pada akhir Mei 2021. Penggantian kartu nikah fisik menjadi digital sudah sesuai dengan Surat Ditjen Bimas Islam

    B 2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

    Untuk mendapatkan kartu nikah digital, calon pengantin harus mengisi formulir pendaftaran nikah melalui laman simkah.kemenag.go.id, kemudian calon pengatin harus mengisi data-data pribadi beserta nomor telepon, dan alamat email yang aktif. Kartu nikah digital akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan di laman simkah. Berikut manfaat yang bisa sahabat makna dapatkan dari kartu nikah digital.

    Kecepatan mengakses data

    Image : freepik.com

    Sebagai pasangan suami istri, penggunaan kartu nikah memang menjadi suatu hal yang penting dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi banyak penggunaan fasilitas publik ataupun dalam mengurus berkas administrasi yang mengharuskan untuk menunjukan data di kartu pernikahan, dan sering kali kartu nikah yang yang berbentuk fisik jarang untuk dibawa dalam runitinas kegiatan kamu. Dan solusi untuk itu adalah dengan penggunaan kartu nikah digital yang telah lengkap menyajikan data kamu secara cepat yang bisa diakses dimana saja.

    keabsahan pasangan suami istri

    Kartu nikah digital dapat memudahkan pasangan suami istri dalam menunjukan keabsahan mereka sebagai pasangan suami istri untuk berpergian tanpa harus khawatir dicurigai apabila mereka pergi bersama. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah akan ditanya mengenai keabsahan pasangan suami istri, maka dari itu kamu bisa langsung menunjukan data pernikahan melalui kartu nikah digital.

    Menghindari Pemalsuan Dokumen

    Image : freepik.com

    Keberadaan dari kartu nikah digital merupakan upaya dari Kementrian Keagamaa untuk menghindar Image : freepik.com i pemalsuan dokumen pernikahan. Selain itu juga, kartu nikah digital memiliki tujuan untuk menghindari praktik penipuan yang kerap kali dilakukan oleh pasangan yang nakal disaat ingin melakukan sesuatu yang memiliki kaitan dengan penggunaan kartu nikah

    Mempercepat Berkas Administrasi Pernikahan

    Image : freepik.com

    Kartu Nikah Digital juga mempercepat layanan bagi pasangan pengantin. Dikarenkan pasangan pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahannya bisa menerima Kartu Nikah Digital secara online yang dikirim pihak KUA kepada pasangan pengantin melalui nomor WhatsApp maupun alamat email yang telah didaftarkan di laman simkah tanpa menunggu untuk waktu yang lama.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,913FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here