- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeEducationKuliah Jangan Cuma Belajar Aja, Lakukan Juga 5 Hal Ini

    Kuliah Jangan Cuma Belajar Aja, Lakukan Juga 5 Hal Ini

    - Advertisement -spot_img

                Memasuki dunia perkuliahan memang menjadi suatu tantangan yang baru karena suasananya sangat berbeda jika dibandingkan dengan bangku sekolah. Mulai dari pembelajarannya, saat kuliah harus memilih jurusan yang tepat sesuai keinginan dan kemampuan diri, cara belajar yang harus mandiri dan berbagai hal lain. Saat kuliah fokus ke hal akademik atau pembelajaran itu penting, tetapi jangan sampai hanya belajar aja, kamu juga harus melakukan 5 hal ini juga loh saat kuliah:

    Mengikuti Organisasi

    Image : freepik.com

    Organisasi yang diikuti tidak harus di kampus ya, mengikuti organisasi di luar kampus juga bisa kok. Memilih organisasi pun jangan sampai hanya ikut-ikutan teman, pilihlah organisasi sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Mengikuti organisasi memiliki beberapa manfaat, misalnya melatih mengatur waktu, bertanggungjawab, memberikan wawasan yang luas, meningkatkan kemampuan di bidang sesuai organisasi, mengasah kemampuan sosial, meningkatkan  pola pikir dan melatih jiwa kepemimpinan.

    Bekerja Paruh Waktu atau Magang

    Asia woman barista at counter bar in front of machine in cafe restaurant,Food and drink business owner concept

    Bekerja saat kuliah itu juga diperlukan loh, tapi jangan sampai mengganggu waktu kuliah ya. Di waktu senggang kuliah, bisa dimanfaatkan untuk bekerja paruh waktu atau ketika libur kuliah bisa mencari program magang. Bekerja saat masih kuliah memberikan wawasan mengenai atmosfer dunia kerja, menambah pengalaman kerja, membangun relasi dan pastinya bisa menambah uang saku. Informasi mengenai magang bisa dijumpai di media sosial pencarian kerja.

    Menjadi Relawan

    Image: Hipwee.com

    Mengikuti kegiatan menjadi relawan, khususnya di bidang sosial memiliki dampak yang baik untuk kesehatan mental apalagi mahasiswa yang biasanya banyak mengeluh akan tugas-tugas, hal ini karena dapat membuat diri menjadi lebih bersyukur, bahagia dan merasa bermakna. Menjadi relawan juga membantu menemukan makna hidup.

    Mengikuti Kompetisi

    Image: marksharetraining.com

    Kalau ada kompetisi sesuai dengan bidang yang dikuasai, jagan sampai melewatkan kesempatan ini. Menang dalam kompetisi bukanlah sebuah tujuan, tetapi bonus. Hal penting ketika mengikuti kompetisi adalah berani mencoba dan berani menerima hasil yang didapatkan. Ini akan membuat diri menjadi mampu mengambil tantangan ketika sudah masuk ke dunia kerja.

    Belajar Bahasa Asing

    Image: Inspirasipagi.id

    Kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sangat diperlukan, apalagi jika ingin bekerja di perusahaan terkemuka. Oleh karena itu, memperdalam bahasa asing dan memiliki sertifikat kemampuan berbahasa asing saat di bangku kuliah sangat dianjurkan.

    Itu dia 5 hal yang bisa dilakukan ketika kuliah, tapi tetap fokus untuk belajar karena itu kewajiban yang utama, semoga menginspirasi dan bermanfaat ya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here