- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionLadies, Kenali 3 Jenis Pembalut Ramah Lingkungan

    Ladies, Kenali 3 Jenis Pembalut Ramah Lingkungan

    - Advertisement -spot_img

    Pembalut merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan perempuan karena setiap bulan ketika menstruasi pasti akan membutuhkan barang yang satu ini. Pembalut sekali pakai adalah jenis pembalut yang banyak digunakan, tetapi sebenarnya penggunaan pembalut jenis ini bisa mengancam kesehatan organ reproduksi dan lingkungan hidup loh. Dilansir dari Mongabay.co.id, menurut Westiani Agustin, pendiri Biyung Indonesia, produksi pembalut jenis ini menggunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya bagi tubuh dan lingkungan hidup, seperti dioxin, pemutih, pewangi dan campuran plastik. Pembalut yang sudah dipakai akan menjadi sampah karena tidak bisa didaur ulang. Oleh karena itu, perlu kesadaran perempuan untuk bisa mengurangi atau beralih ke jenis pembalut ramah lingkungan seperti 3 macam ini:

    Menstrual Pad

    Image: nappyneedz.co.nz

    Menstrual pad adalah pembalut yang menggunakan bahan kain, jadi bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Pembuatan menstrual pad ini tidak menggunkan bahan-bahan kimia jadi aman untuk organ intim. Daya serap kain yang cukup baik membuat menstrual pad menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengganti pembalut sekali pakai. Untuk menghindari kebocoran, ketika menstruasi harus diganti sesuai kebutuhan dan volume menstruasi. Perawatan menstrual pad ini memang cukup rumit karena harus dicuci dengan bersih menggunakan sabun bayi batangan agar aman di organ intim dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung serta disimpan di tempat yang kering.

    Menstrual Cup

    Image: Sains.kompas.com

    Pembalut jenis ini berbentuk seperti corong yang berfungsi untuk menampung darah menstruasi. Terbuat dari silikon dan karet latex yang meruncing di ujungnya sebagai pegangan untuk menarik keluar vagina. Cara menggunakan menstrual cup ini adalah memasukkannya di dalam vagina, ketika dirasa volume menstruasi sudah banyak bisa dikelurkan dengan menarik ujung runcing dan membuang darah haid. Perawatan menstrual cup ini cukup mudah karena hanya direndam dengan air panas saja. Menstrual cup ini bisa digunakan hingga 5 tahun lamanya, jadi sangat ramah lingkungan kan.

    Celana Dalam Menstruasi

    Image: Kumparan.com

    Fungsi dari celana dalam menstruasi ini seperti pembalut, jadi ketika sedang haid bisa digunakan tanpa menambah pembalut lain. Kemampuan menyerapnya pun cukup baik bahkan bisa sampai 11 jam karena menggunakan bahan kain berteknologi tinggi dan terdiri dari 3 lapisan. Perawatannya cukup mudah, cukup dicuci dengan air dan dikeringkan. Celana dalam menstruasi ini dapat digunakan selama 2 tahun.

    Itu dia beberapa pilihan pembalut pengganti pembalut sekali pakai. Gak hanya nyaman dan baik untuk daerah intim, tetapi juga bisa menjaga lingkungan hidup. Kalau kamu pilih yang mana?

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,822FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here