- Advertisement -spot_img
29.1 C
Palembang
More
    HomeHealthLerak, Sabun Alami Aman Bagi Bumi

    Lerak, Sabun Alami Aman Bagi Bumi

    - Advertisement -spot_img

    Alam selalu menyediakan apa pun yang manusia butuhkan, mulai dari kebutuhan pangan, obat-obatan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Salah satu kebutuhan sehari-hari yang diperlukan manusia adalah sabun, berguna untuk membersihkan diri dan barang-barang yang sudah kotor, sehingga menjadi bersih, wangi dan nyaman dipakai. Sabun biasa terbuat dari campuran minyak atau lemak, ada juga yang dari garam natrium asam sulfonat. Ada beberapa kandungan zat dalam sabun yang tidak bisa dihancurkan oleh mikroorganisme, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Namun, Sahabat Makna tidak perlu khawatir karena ada sabun alami yang sangat ramah untuk kesehatan lingkungan dan manusia, yaitu tumbuhan lerak.

    Image: Zerowaste.id

    Lerak sering kali disebut sebagai soapberries atau soapnuts. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan sebutan yang berbeda, misalnya orang Sunda menyebutnya rerek, di Jawa disebut klerek/lerak/werak, sedangkan di Sumatra disebut lamuran. Tumbuhan satu ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, tumbuh di ketinggian sekitar 450-1500 meter di atas permukaan laut. Biasanya tinggi tumbuhan ini mencapai 10-42 meter. Bagian yang dijadikan sebagai alternatif sabun adalah bijinya karena mengandung saponin. Saponin inilah yang menghasilkan busa dan dapat menjadi pembersih atau bahan pencuci.

    Buah lerak bisa dijadikan sebagai pengganti sabun untuk mandi, mencuci piring, mencuci pakaian bahkan membersihkan lantai. Manfaat lerak bahkan tak hanya sebagai pengganti sabun, kulit lerak juga dijadikan sebagai obat untuk mengurangi jerawat di wajah dan penyakit kudis. Untuk kesehatan rambut pun lerak juga memiliki khasiat, berfungsi untuk memperindah rambut dan mencegah rambut gatal. Selain untuk kebutuhan manusia, lerak bermanfaat sebagai alternatif pengendalian hama kubis karena bersifat insektisida.

    Image: Hiduptanpasampah.com

    Cara menggunakan buah lerak sebagai detergen ini gampang loh Sahabat Makna, cukup rendam selama 2 malam, setelah kulitnya lunak tekan sampai mengeluarkan getah saponin, pisahkan dari bijinya kemudian masukkan buah lerak yang lunak ke dalam kantong kecil dan masukkan mesin cuci atau pakaian. Jika Sahabat Makna ingin yang praktis, bisa membelinya di toko-toko terdekat atau di e-commerce karena sudah banyak dijual dalam bentuk siap pakai.

    Sekarang Sahabat Makna sudah tahu kan tentang buah lerak, semoga pelan-pelan bisa beralih ke bahan-bahan yang ramah lingkungan agar alam di bumi tetap terjaga.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here