- Advertisement -spot_img
32.1 C
Palembang
More
    HomeEducationMasih Bingung Mau Sewa atau Cicil Rumah? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing

    Masih Bingung Mau Sewa atau Cicil Rumah? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Masing-Masing

    - Advertisement -spot_img

    Memiliki rumah sendiri bukan perkara yang mudah bagi pasangan baru yang memiliki uang pas-pasan. Harga rumah yang tidak murah menjadi kendalanya, jika menabung pun rasanya beribu purnama uangnya tidak akan cukup karena harga rumah cenderung naik setiap tahunnya. Mengatasi permasalahan ini ada opsi yang ditawarkan, yakni mencicil rumah. Namun, masih banyak pasangan yang memilih untuk menyewa rumah dengan beberapa alasan. Buat Sahabat Makna yang masih bingung mau sewa atau nyicil rumah, nih ada ulasannya mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk pertimbangan

    Kelebihan Menyewa Rumah

    • Menyewa rumah membuat terbebas dari uang muka. Ketika membeli rumah, akan ada uang muka yang harus dibayarkan. Uang muka ini tidak kecil, bisa mencapai 30 persen dari harga rumah sepenuhnya. Jika menyewa, cukup menyiapkan uang harga sewa, bisa bulanan atau tahunan.
    • Bebas dari pembayaran PBB rumah. Menyewa rumah biasanya hanya dikenakan biaya sewa saja kepada pemilik jika tidak termasuk kebutuhan air dan listrik. Di luar itu semua, pemilik yang menanggung, termasuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
    • Tidak menanggung biaya perawatan rumah. Rumah bukan hanya dibeli, tetapi juga perlu dirawat. Ketika menyewa biasanya tidak ada beban untuk merawat rumah, jika ada kerusakan bisa langsung menghubungi pemilik rumah untuk dibenahi.
    • Mudah untuk berpindah-pindah. Bagi Sahabat Makna yang memiliki pekerjaan yang sering berpindah-pindah, menyewa rumah adalah opsi terbaik. Hal ini karena jika menyewa tinggal meninggalkan rumah sewa saja tanpa rumit mengurus hal lainnya. Apalagi jika tidak nyaman dengan rumahnya, sangat mudah untuk pindah.

    Kekurangan Menyewa Rumah

    • Tidak memiliki aset properti. Rumah adalah salah satu aset properti yang menguntungkan sebagai investasi. Jika membeli rumah sama saja dengan berinvestasi untuk masa depan. Menyewa rumah membuat penyewa tidak memiliki aset ini.
    • Tak bisa menempati rumah dengan desain yang diinginkan. Penyewa hanya menempati rumah saja, tapi tidak boleh untuk mengubah desain rumah baik interior atau pun eksterior. Sehingga, harus menerima keadaan dan desain rumah yang disewa.
    • Biaya sewa yang tergantung inflansi. Terjadinya inflansi biasanya membuat harga sewa berubah, bisa naik setiap tahunnya.
    • Tidak bebas. Ya, menyewa rumah memang tidak bebas karena penyewa akan terikat perjanjian atau beberapa peraturan yang pemilik rumah buat. Hal ini membuat penyewa harus mengikuti peraturan tersebut.

    Kelebihan Mencicil Rumah

    • Memiliki investasi properti. Walaupun dengan mencicil, setidaknya sudah memiliki rumah sendiri. Rumah menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan karena harganya yang setiap tahun naik. Ketika memiliki keinginan untuk membuat keluarga besar, mempunyai rumah sendiri menjadi pilihan. Rumah juga bisa diwariskan kepada anak dan cucu kelak. Setidaknya memiliki rumah sendiri membuat hidup menjadi tentram karena ada tempat bernaung.
    • Bisa menjadi jaminan yang dipercaya. Jika Sahabat Makna memiliki rumah sendiri, sangat mudah meminjam uang di bank dengan jaminan rumah karena harganya yang setimpal, contohnya meminjam uang untuk modal usaha. Namun, perlu diperhatikan juga besarnya pinjaman akan sesuai dengan rumah yang dimiliki dan track record calon peminjam.
    • Desain rumah dapat diubah sesusaka hati. Jika mencicil rumah, pemiliki bisa mengubah tatanan interior maupun eksterior rumah dengan cara merenovasi. Umumnya, rumah yang dijual dalam satu cluster memiliki desain yang sama. Jadi, kalau mau diubah harus direnovasi lagi atau memesan desain yang diinginkan jika diperbolehkan oleh developernya.

    Kekurangan Mencicil Rumah

    • Menyiapkan uang muka. Untuk membeli rumah dengan cara mencicil, harus mempersiapkan uang muka dengan jumlah yang cukup besar, yakni 30 persen dari harga jual rumah. Sehingga, sebelum memutuskan mencicil rumah, hitung dan tabung dahulu uang mukanya, jangan sampai untuk membayar uang muka, kebutuhan pokok sehari-hari malah menjadi korban.
    • Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Ketika memiliki rumah sendiri, pasti akan dikenakan PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan setiap tahunnya. Jadi, perlu mempersiapkan pengeluaran ini dalam anggaran rumah tangga ya.
    • Biaya perawatan yang mahal. Mendesain kembali rumah yang sudah jadi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga akan mengeluarkan uang lagi untuk merenovasi rumah sesuai dengan keinginan. Ketika memesan desain tertentu pun pasti akan berbeda harganya dari desain biasa, hal ini membuat angsuran meningkat dan pastinya uang muka yang besar

    Nah Sahabat Makna, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari menyewa dan mencicil sebuah rumah. Apa pun keputusannya, pastikan dipikirkan secara matang ya, pastinya perhitungan yang tepat juga, sehingga memperoleh manfaat dari tempat tinggal.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,824FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here