- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeHealthMenjaga Kesehatan Mental Remaja di Saat Pandemi

    Menjaga Kesehatan Mental Remaja di Saat Pandemi

    - Advertisement -spot_img

    Kesehatan merupakan hal yang wajib dijaga dan diperhatikan disaat pandemi COVID-19. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus menjadi prioritas agar berjalan dengan normal. Kesehatan mental tidak hanya berdampak signifikan kepada orang dewasa, tetapi juga sangat dirasakan oleh remaja akibat pandemi yang mengharuskan mereka untuk berkegiatan yang sebelumnya bisa dilakukan diluar rumah justru dialihkan ke dalam rumah yang berujung dengan terdampaknya kesehatan mental remaja

    Berbagai kemungkinan bisa dirasakan remaja akibat kondisi ini, seperti bosan, rasa tidak nyaman, takut, hingga rasa cemas yang berlebihan yang bisa mempengaruhi kesehatan fisik kalian. Tentu saja semua kemungkinan itu bisa diminimalisir dengan peran orang tua yang selalu memperhatikan kesehatan mental anaknya dan bijak memilih kegiatan yang berdampak positif terhadap kesehatan mental. Berikut sahabat makna, tips menjaga kesehatan mental remaja di saat pandemi.

    Mencari Kegiatan Seru

    Image : freepik.com

    Cara yang tepat untuk menghabiskan waktu agar tidak merasa bosen adalah dengan melakukan sesuatu kegiatan yang kamu sukai, seperti membaca buku, memasak atau menekuni hobi yang mungkin jarang kamu lakukan disaat sebelum pandemi, dengan melakukan seperti itu bukan hanya seru untuk dilakukan tetapi juga bisa berdampak dengan kesehatan mental kamu.

    Jaga Komunikasi

    Image : freepik.com

    Kondisi darurat pandemi yang mengharuskan kalian di rumah saja merupakan salah satu dampak yang bisa kamu manfaatkan untuk merekatkan kembali hubungan kamu dengan keluarga. Tetapi penting untuk diingat untuk selalu menjaga komunikasi antar keluarga selalu stabil, dikarena kondisi yang mengharuskan untuk selalu bertemu dengan setiap anggota keluarga disetiap harinya justru menimbulkan rasa bosan dan jika tidak bisa dikontrol dengan baik akan menjadi bumerang ke diri sendiri.

    Jaga Pola Makan

    Image : freepik.com

    Pola makan juga sangat berhubungan erat dengan kesehatan mental, makanlah makanan yang membuat kamu senang dan gembira agar kesehatan mental kamu tetap terjaga. Hanya saja jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur agar kebutuhan tubuh kamu sehari hari bisa terpenuhi dengan maksimal.

    Bijak Menerima Informasi

    Image : freepik.com

    Seringkali dimasa pandemi seperti sekarang, banyak sekali informasi yang beredar luas diluar sana yang terbukti hoax. Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilah informasi yang beredar sebelum dibaca bahkan disebar luaskan lagi ke grup WhatApp, Instagram, Telegram dll. Cari terlebih dahulu asal berita tersebut dan jangan takut untuk berbicara jika terbukti berita atau informasi yang disebarkan oleh orang disekitar kamu itu hoax

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here