- Advertisement -spot_img
28.1 C
Palembang
More
    HomeEducationMenyulap Sampah Menjadi Eco Enzyme yang Bermanfaat

    Menyulap Sampah Menjadi Eco Enzyme yang Bermanfaat

    - Advertisement -spot_img

    Sebagian besar orang masih membuang sisa-sisa sampah organik dari dapur ke tong sampah. Padahal, sisa-sisa organik dapur, seperti sisa buah atau sayuran dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia atau pun lingkungan sendiri. Sampah-sampah organik ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengompos atau jika tidak ingin mengompos Sahabat Makna bisa jadikan sebagai cairan pembersih organik, yaitu eco enzyme. Sahabat Makna belum kenal dengan eco enzyme? Di sini akan dikupas tuntas tentang eco enzyme, pantengin terus ya!

    Apa itu Eco Enzyme?

    Eco enzyme adalah hasil fermentasi dari limbah dapur organik, seperti buah dan sayuran, gula (gula cokelat, gula merah atau gula tebu) dan air. Warna dari eco enzyme ini adalah cokelat gelap dengan aroma khas fermentasi asam manis yang kuat. Eco enzyme ini diperkenalkan pertama kali oleh Dr. Rosukon Poompanvong, pendiri Asosisasi Pertanian Organik Thailand. Eco Enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dengan menggunakan sampah organik. Enzim yang dihasilkan dari sampah ini bermanfaat sebagai salah satu manajemen sampah.

    Apa Manfaat Eco Enzyme?

    Cairan eco enzyme dapat dimanfaatkan dalam beberapa bidang, seperti rumah tangga, pertanian dan peternakan. Dalam rumah tangga, eco enzyme bisa dijadikan sebagai bahan untuk membersihkan rumah, baju bahkan mencuci buah dan sayur Sahabat Makna. Namun, perlu diingat untuk kebutuhan pembersih rumah tangga ini, eco enzyme sebaiknya disimpan tak lebih dari 7 hari karena jika lebih maka akan menyebabkan bakteri pada air tumbuh. Bagi sektor pertanian dan peternakan, eco enzyme dapat dimanfaatkan menjadi pupuk tanaman karena dapat menyuburkan tanah dan tanaman, menghilangkan hama dan meningkatkan kualitas dan rasa buah serta sayuran yang ditanam. Eco enzyme juga dapat dijadikan sebagai pengusir hama tanaman anggrek, sayur-sayuran bahkan hama pengganggu di rumah, seperti nyamuk, semut, lalat, kecoa dan lainnya. Pastinya eco enzyme bermanfaat dalam melestarikan lingkungan, Dr Joean Oon mengkalim bahwa 1 liter larutan eco enzyme dapat membersihkan hingga 1000 liter air sungai yang tercemar. Jadi, beralih ke pembersih organik mampu menyelamatkan bumi kita loh Sahabat Makna!

    Bagaimana Cara Membuat Eco Enzyme?

    Membuat eco enzyme sangatlah mudah, dengan menggunakan rumus 3:1:10 = limbah buah : gula merah : air bersih, Sahabat Makna sudah bisa membuat eco enzyme. Misalnya, 300 gram kulit buah atau sisa sayuran :  100 gram gula merah : 1 liter air bersih. Sebelum membuat eco enzyme, Sahabat Makna perlu untuk menyiapkan bahan-bahannya, seperti kulit buah atau sisa sayuran 300gram, usahakan banyak menggunakan kulit buah daripada sisa sayuran. Gula merah 100 gram, 1 liter air bersih dan botol plastik atau wadah yang tertutup. Jangan menggunakan wadah berbahan logam karena tidak elastis. Cara membuatnya mudah kok, Sahabat Makna bisa menuangkan kulit buah atau sayuran ke dalam wadah, kemudian masukkan air dan gula merah, tetapi jangan sampai penuh. Agar aroma eco enzyme lebih segar, bisa ditambahkan kulit jeruk. Lalu, simpan di tempat yang kering dan sejuk, buka tutup wadah setiap hari pada minggu pertama untuk menghilangkan gas hasil fermentasi. Aduk cairan pada waktu penyimpanan selama 2 atau 3 bulan, setelah minimal 3 bulan penyimpanan, eco enzyme sudah dapat digunakan.

    Sekarang sudah tahu kan Sahabat Makna tentang eco enzyme, jangan lupa juga untuk dicoba di rumah ya. Satu langkah kecil dari diri sendiri untuk membuat alam tetap lestari akan berdampak besar bagi kelestarian alam sekitar. Bumi yang sehat adalah cerminan dari manusia yang bertanggung jawab, salam lestari!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here