- Advertisement -spot_img
25 C
Palembang
More
    HomeHealthMusim Hujan Dimulai, Hati-Hati Akan 4 Penyakit Ini

    Musim Hujan Dimulai, Hati-Hati Akan 4 Penyakit Ini

    - Advertisement -spot_img

    Musim hujan sangatlah identik dengan banyaknya penyakit yang kerap kali menghampiri diri kita dan keluarga, apalagi jika kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan yang mengakibatkan tubuh kamu terpapar langsung dengan gerimis, hujan lebat angin kencang, hingga angin kencang yang tak jarang membuat tubuh rentan diserang penyakit.  

    Disaat seperti ini sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit di sekitar kita. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang cenderung lebih mudah untuk menular dan menyebar pada saat musim hujan. Terlebih lagi, jika hujan yang berlebihan dapat menyebabkan banjir. Terus apa saja penyakit yang harus sahabat makna waspadai saat musim hujan, berikut informasinya.

    Diare

    Image : freepik.com

    Diare merupakan salah satu penyakit yang sering ditemukan disaat musim hujan dan banjir

    Penyebab dari penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri e.coli, salmonella, shigella, kuman serta parasit di lingkungan sekitar kalian akibat air hujan yang kotor maupun banjir, selain ini juga sanitasi yang buruk dapat juga menjadai penyebab dari banyak orang yang terserang diare. Cara pencegahan dari penyakit diare yaitu dengan menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, selalu cuci tangan menggunakan sabun, menjaga kebersihan makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

    Demam Berdarah

    Image : freepik.com

    Penyakit demam berdarahh adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, sumber dari penyakit ini adalah virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictusini. Apalagi jumlah nyamuk yang terus meningkat disaat musim hujan melanda, untuk pencegahannya, kamu bisa menerapkan langkah 3 M plus yaitu menguras bak mandi, menutup tempat air dan memanfaatkan barang-barang bekas, serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

    Leptospirosis

    Image : freepik.com

    Penyakit leptospirosis biasanya terjadi disaat banjir dan ditularkan melalui kencing tikus, penularan leptospirosis ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lender, mata, hidung, kulit lecet, dan makanan. Sementara itu, gejala leptospirosis yang yang dapat dialami oleh manusia saat terjangkit penyakit ini seperti demam tinggi, diare, nyeri otot, hilang nafsu makan, dan batuk.

    Penyakit kulit

    Image : freepik.com

    Gangguan kesehatan ini pada dasarnya terjadi dikarena kebersihan yang kurang terjaga dengan baik dan juga penyakit kulit ini sering muncul pada musim hujan dan banjir. Cara mencegah dan mengatasi penyakit kulit yaitu dengn menjaga kebersihan kulit dan lingkungan sekitar dimana kita sering berkatifitas dan jika sudah memiliki tanda-tanda penyakit kulit segera untuk diobati sesuai dengan jenis penyakit kulit yang kamu alami.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,904FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here