- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeHealthMusim Hujan Melanda, Berikut Cara Pencegahan Demam Berdarah

    Musim Hujan Melanda, Berikut Cara Pencegahan Demam Berdarah

    - Advertisement -spot_img

    Penyakit Demam Berdarah Dengue atau lebih dikenal sebagai penyakit DBD, merupakan salah satu penyakit yang kerap kali ditakuti oleh masyarakat disaat musim hujan melanda. Penyebab dari penyakit ini yaitu infeksi virus yang disalurkan ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Menurut data dari kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2018 terdapat 6,5 juta kasus Deman Bedarah Dengue, dan penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa.

    Penyebaran dari penyakit demam berdarah dague, bisa diminimalisir dengan hal yang sederhana. Terdapat banyak sekali cara untuk meminimalisir dan juga dapat melindungi kamu beserta keluarga dari serangan penyakit ini, berikut langkah-langkah yang bisa sahabat makna lakukan di rumah.

    Menerapkan 3M

    Image : freepik.com

    Program 3M merupakan program yang diusung pemerintah melalui kementrian kesehatan republik indonesia untuk mencegah penularan penyakit DBD, 3M sendiri merupakan singkatan dari menguras, menutup, dan mengubur. Dengan melakukan hal tersebut kamu dapat dapat menghentikan perkembangbiakaan dari nyamuk Aedes aegypti yang dapat bertelur setiap 2-3 hari sekali dan menghasilkan 30-150 telur nyamuk aedes agypti

    Menggunakan Obat Nyamuk

    Image : freepik.com

    Cara yang cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus dari nyamuk aedes aegypti adalah dengan menggunakan obat nyamuk. Terdapat banyak sekali jenis dan macam obat nyamuk yang bisa kamu gunakan seperti obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot dan obat nyamuk yang bisa kamu olesankan diseluruh badan kamu. Namun harus kamu pastikan, obat yang kamu pakai itu aman dan sesuai dengan selera kamu ya

    Memasang Kelambu Disaat Tidur

    Image : freepik.com

    Menggunakan Kelambu bisa menjadi cara untuk mencegah demam berdarah dengue. Disaat kamu tidur biasanya nyamuk akan semakin lebih agresif, dan juga disaat kamu tertidur posisi tubuh yang kurang sadar akan menjadi sasaran empuk untuk nyamuk mengigit tubuh kita. Oleh karena itu, fungsi kelambu ini dapat mencegah atau menghalangi nyamuk yang akan masuk ke dalam rumah.

    Menggunakan Pakaian Tertutup

    Image : freepik.com

    Menggunakan baju yang mimiliki lengan panjang atau menggunakan celana panjang ditambah dengan kaus kaki bisa menjadi pelindung untuk mencegah dari gigitan nyamuk disaat kamu beraktifitas di luar rumah, tentapi perlu diingat gunakan busana yang memiliki bahan yang nyaman dan mudah untuk menyerap keringat agar aktifitas kamu semakin aman.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here