- Advertisement -spot_img
30.1 C
Palembang
More
    HomeWeddingNyaman dan Kompak Tinggal dengan Mertua, Intip Tips Jitunya!

    Nyaman dan Kompak Tinggal dengan Mertua, Intip Tips Jitunya!

    - Advertisement -spot_img

    Memiliki rumah pribadi adalah cita-cita kebanyakan pasangan yang menikah. Namun, tidak semua pasangan bisa merasakan untuk membentuk keluarga sendiri dan berpisah dari orang tua. Masih banyak pasangan yang harus tetap tinggal bersama dengan orang tua dengan berbagai alasan, misalnya belum memiliki rumah sendiri, tidak boleh keluar dari rumah atau harus menjaga orang tua. Kebanyakan menantu yang tinggal dengan mertua memiliki cerita yang tidak mengenakan dan merasa tidak nyaman, tetapi di sini akan dibahas mengenai tips agar nyaman dan kompak tinggal dengan mertua. Bagaimana kira-kira? Ikutin terus ya Sahabat Makna!

    Anggap Orang Tua Sendiri

    Ketika sudah menikah, orang tua otomatis akan menjadi dua pasang, sebagai seorang menantu hendaklah untuk menganggap mertua seperti orang tua sendiri. Apalagi jika tinggal serumah, perlakukan mertua dengan baik selayakanya memperlakukan orang tua kandung. Menganggap mertua sebagai orang tua sendiri membuat jarak yang mungkin agak jauh menjadi mendekat. Memberikan perhatian dan senyuman kepada mertua akan membuat hubungan menjadi lebih hangat dan dekat. Mertua pun akan merasa dihargai oleh menantunya jika bersikap baik padanya.

    Memberikan Hadiah

    Hadiah tidak harus mahal, memberikan hadiah kepada mertua bisa menjadi salah satu bentuk perhatian menantu kepada mertua. Tanyakan pada pasangan tentang kesukaan mertua atau bisa juga bertanya langsung pada mertua. Bercerita atau bertanya kepada mertua bukan hanya bisa mengetahui apa yang disuka atau tidak disukai oleh mertua, hal ini juga bisa untuk menjalin keakraban antara mertua dan menantu. Berikan hadiah berupa barang kesukaan mertua atau makanan yang digemarinya.

    Memberikan Bantuan Semampunya

    Dalam poin ini, hendaklah untuk berdiskusi bersama dengan pasangan dan mertua. Tetapkan batasan apa saja yang akan dibantu, misalnya dalam urusan pengeluaran rumah tangga bulanan. Menantu dan mertua bisa saling jujur mengenai perincian pengeluaran bulanan, misalnya menantu dan pasangan yang membeli kebutuhan rumah tangga bulanan, sedangkan mertua membayar tagihan listik dan tagihan air.

    Menitipkan Buah Hati

    Jika pasangan suami istri sudah dikaruniai anak, cobalah sesekali untuk menitipkan buah hati kepada mertua. Hal ini akan membuat mertua senang karena merasa bermanfaat dan bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama cucunya. Pasangan suami istri pun bisa menghabiskan waktu berduan sebagai quality time.

    Hindari Prasangka Buruk

    Sebisa mungkin sebagai seorang menantu untuk menghindari prasangka buruk terhadap mertua. Berpikirlah positif dan baik agar diri sendiri merasa nyaman untuk tinggal bersama mertua. Jangan mudah terpengaruh oleh omongan atau penilaian orang lain terhadap ketidaknyamanan tinggal bersama mertua, cobalah untuk tidak memiliki pikiran kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi bila tinggal bersama mertua.

    Pergi Bersama Mertua

    Menghabiskan waktu bersama mertua, entah bersama pasangan atau hanya dengan mertua saja adalah salah satu cara menjalin kedekatan dan kekompakan bersama mertua. Setidaknya sebagai seorang menantu mampu untuk memberikan perlakuan terbaik untuk mertuanya. Berpergian bersama dengan mertua akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri bagi menantu atau pun mertua, sehingga sama-sama menikmati waktu bersama.

    Batasan Privasi

    Dua keluarga di dalam satu rumah memang agak sedikit sulit untuk menentukan batasan privasi, apalagi jika rumahnya adalah milik orang tua. Namun, hal ini dapat diselesaikan dengan membicarakan baik-baik kepada mertua tentang batasan-batasan privasi sebagai pasangan. Misalnya, ruang kamar adalah batasan privasi, jika mertua ingin masuk setidaknya mengetuk atau memberitahu terlebih dahulu. Tegaskan batasan juga kepada mertua mengenai perencanaan keungan rumah tangga kamu dan pasangan serta pola asuh kepada anak nantinya.

    Tinggal dengan mertua memang tidak mudah Sahabat Makna, tetapi asalkan bisa membawa diri dna memperlakukan mertua dengan baik, kamu atau pun mertua kamu pasti akan nyaman dan kompak tinggal bersama. Seiring berjalannya waktu mertua kamu juga akan memperlakukan kamu sebagai anak sendiri asal kamu memperlakukannya seperti orang tua sendiri juga. Semoga informasinya bermanfaat ya Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here