- Advertisement -spot_img
25.5 C
Palembang
More
    HomeEducationOrang Super Kaya Indonesia Siap-Siap Bayar Tarif Pajak Sebesar 35 Persen

    Orang Super Kaya Indonesia Siap-Siap Bayar Tarif Pajak Sebesar 35 Persen

    - Advertisement -spot_img

    Selama masa pandemi ini, ternyata jurang antara orang miskin dan kaya di Indonesia semakin terbuka lebar. Hal ini karena jumlah orang kaya dan super kaya di Indonesia meningkat, ada sekitar 171.740 orang Indonesia yang memiliki jumlah kekayaan bersih sekitar 1 juta dollar AS, angka ini melonjak dari tahun 2019 lalu sekitar 61,69 persen. Dilansir dari kompas.com, Credit Suisse mencatat bahwa jumlah orang Indonesia yang sangat kaya di tahun 2020 naik sebesar 22,29 dari tahun 2019 dengan rincian sekitar 417 orang yang memiliki kekayaan bersih mencapai 100 juta dollar AS.

    Dilansir dari katadata.co.id, menurut para peneliti di Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Mirah Midadan mengatakan bahwa kenaikan jumlah orang kaya di Indonesia disebabkan oleh banyaknya dana yang tidak aktif, terlihat dari peningkatan dana pihak ketiga di perbankan. Namun, bagi kelas pendapatan atas yang memiliki aset banyak, momentum ini bermanfaat untuk menyuburkan jumlah aset. Hal ini juga selaras dinyatakan oleh Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), ia menjelaskan bahwa beberapa faktor yang menjadikan orang kaya Indonesia semakin subur salah satunya adalah kemampuan berinvestasi, terutama di sektor komoditas dan digital, seperti pertambangan serta perkebunan. Selain itu, banyak orang kaya yang menikmati insentif perpajakan dan kemampuan manajemen risiko terhadap penurunan nilai aset.

    Namun, baru-baru ini pemerintah bersama DPR RI sepakat untuk meneruskan pembahasan RUU mengenai Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, tetapi dalam kesepakatan berubah menjadi RUU tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP). Dilansir dari m.liputan6.com, Menteri Keuangan Indonesia menegaskan RUU ini menjadi UU ketika sudah menggelar rapat bersama DPR RI awal pekan depan. Hal yang menjadi perhatian dalam RUU ini adalah perubahan tarif pajak bagi wajib pajak orang pribadi. Pertama, perubahan wajib pajak orang pribadi tingkat terkecil yang tadinya berpenghasilan 50 juta per tahun menjadi 60 juta per tahun. Kedua, wajib pajak yang berpenghasilan lebih dari 5 miliar per tahun akan dikenakan tarif pajak sebesar 35 persen.

    Secara rinci, berikut daftar tarif pajak bagi orang super kaya di Indonesia dalam aturan terbaru:

    • Berpenghasilan sampai Rp60 juta dikenakan tarif pajak 5%
    • Berpenghasilan lebih dari Rp60-250 juta dikenakan tarif pajak 15%
    • Berpenghasilan lebih dari Rp250-500 juta dikenakan tarif pajak 25%
    • Berpenghasilan lebih dari Rp500 juta – 5 miliar dikenakan tarif pajak 30%
    • Berpenghasilan lebih dari Rp5 miliar dikenakan tarif pajak 35%

    Kenaikan tarif pajak ini berlaku jika telah disahkan dalam rapat paripurna DPR RI. Kenaikan tarif pajak relevan dengan kenaikan orang kaya di Indonesia, semoga semakin banyak wajib pajak yang taat untuk membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,912FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here