- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionPakai Loofah Sponge, Aman untuk Kulit dan Lingkungan

    Pakai Loofah Sponge, Aman untuk Kulit dan Lingkungan

    - Advertisement -spot_img

    Sponge adalah salah satu alat menggosok yang banyak sekali digunakan untuk kegiatan bersih-bersih. Mulai dari membersihkan peralatan makan, hingga tubuh. Mandi ga pakek sponge itu rasanya kurang bersih ya Sahabat Makna, jadi sudah menjadi kebutuhan banget nih si sponge ini. Tapi, tahukah Sahabat Makna, kalau sponge yang biasa dipakai itu memiliki masa kedaluwarsa loh! Sponge yang dipakai setiap hari hanya memiliki masa kedaluwarsa selama 2 minggu aja, jadi harus diganti yang baru.

    Kalau diganti terus-menerus, biasanya sponge yang tidak lagi dipakai akan dibuang dan menjadi sampah. Nah, ini jadi suatu masalah karena sponge yang biasanya dipakai terbuat dari plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai. Jadi, bisa dibayangkan dong sponge yang kita buang selama ini masih berada di bumi. Namun, semakin meningkatnya kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan, Sahabat Makna ga perlu risau karena masih bisa kok menggunakan sponge sekaligus menjaga lingkungan, yakni dengan menggunakan loofah sponge.

    Image : freepik.com

    Loofah sponge terbuat dari tanaman luffah atau oyong yang memiliki banyak serat dan tetap bertekstur kasar ketika terkena air. Serat luffah atau oyong ini dikeringkan terlebih dahulu baru bisa digunakan. Loofah cocok untuk mengeksfoliasi kulit tubuh, yakni mengangkat sel-sel kulit mati ketika mandi. Namun, perawatan loofah juga perlu diperhatikan ya Sahabat Makna, setelah digunakan simpan di tempat yang kering dan ganti loofah sponge setiap 2 minggu sekali karena jika tidak dirawat dengan baik maka akan menjadi sarang bakteri.

    Sahabat Makna bisa mendapatkan loofah sponge ini di berbagai toko online dengan harga yang relatif terjangkau. Kalau mau buat sendiri juga bisa kok, caranya gampang cuma butuh tiga bahan aja, yaitu oyong kering, air dan ember. Langkah-langkahnya adalah pertama, kupas kulit oyong kering, ditandai dengan warna kecokelatan, beratnya enteng dan jika digoyangkan berbunyi gemericik biji-bijian. Kedua, hentakkan pelan-pelan untuk mengeluarkan biji-bijinya. Ketiga, cuci loofah dengan air hangat untuk menghilangkan getahnya. Terakhir, bilas kembali, peras dan tiriskan di tempat yang kering lalu loofah siap digunakan.

    Bagaimana Sahabat Makna, tertarik beralih ke loofah sponge? Stay Safe and healthy semuanya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here