- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeWeddingPasutri Wajib Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dalam Pernikahan

    Pasutri Wajib Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dalam Pernikahan

    - Advertisement -spot_img

    Di dalam sebuah hubungan pernikahan, bukan hanya kebahagiaan saja yang hadir, tetapi kesedihan atau kekecewaan terkadang hadir sebagai tantangan bagi sepasang suami istri untuk mempertahankan bahtera pernikahan. Perasaan-perasaan negatif ini jika sering muncul dalam hubungan pernikahan maka akan membuat kesehatan mental suami istri terganggu, apalagi jika sudah memiliki anak, efeknya bisa saja mengalir ke anak juga. Oleh karena itu, penting bagi suami istri untuk sama-sama saling menjaga kesehatan mental diri sendiri dan pasangan. Lalu, bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini!

    Membuat Diri Sendiri Utuh

    Image: Freepik.com

    Sering kali orang berpikir dan  menyakini bahwa setelah menikah pasanganlah yang bertanggung jawab atas kebahagiaan pasangannya. Jadi, ketika seseorang tidak mendapatkan kebahagiaan yang diinginkannya dari sepasangan maka akan merasa tidak bisa bahagia atau bahkan hancur. Padahal, ada sesuatu yang perlu dipahami bahwa orang yang bertanggung jawab atas kebahagiannya adalah dirinya sendiri bukan orang lain, seperti pasangan hidup. Oleh sebab itu, mencintai diri sendiri adalah suatu langkah awal untuk melengkapi diri agar bisa menjadi pribadi yang utuh. Hal ini bukan berarti jadi tidak mencintai pasangan, pasangan perlu dicintai secara tulus, tetapi menggantungkan kebahagiaan diri kepada orang lain adalah suatu kesemuan belaka.

    Menerima Kekurangan Pasangan

    Image: Freepik.com

    Tidak ada manusia yang sempurna termasuk pasangan sendiri, kelebihan dan kekurangan pastilah ada di setiap diri insan manusia. Tugas masing-masing pasangan adalah untuk menerima keadaan kelebihan dan kekurangan pasangannya. Mengerti dan menerima kekurangan pasangan dapat membuat seseorang tidak mudah untuk marah atau merasa kecewa dengan pasangan. Cara agar dapat menerima kekurangan pasangan adalah cobalah memahami bahwa setiap manusia memiliki kekurangan, pahami perspektif pasangan, pelajari masa lalu pasangan yang membuat adanya kekurangan tersebut. Jika bisa menerima kekurangan pasangan maka pertentangan karena hal ini akan terminimalisir.

    Komunikasi Terbuka

    Image: Freepik.com

    Memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan pasangan akan membuat hubungan menjadi sehat. Komunikasi yang baik membuat pasangan bukan hanya sebagai teman hidup saja, tetapi juga menjadi tempat untuk mengeluarkan keluh kesah, berbagi cerita, tawa dan suka cita. Usahakan menyediakan waktu tertentu untuk berkomunikasi dengan pasangan, misalnya sebelum hendak tidur. Saling bertukar cerita mengenai kegiatan yang dilakukan pada hari itu, perasaan yang dirasakan selama seharian serta pengalaman yang didapat pada hari itu akan membangun komunikasi terbuka yang baik. Jangan pernah memendam sesuatu sendirian karena akan menimbulkan bahaya bagi diri sendiri atau pun ke pasangan. Menjadi pendengar yang baik akan membuat pasangan memiliki tempat untuk mencurahkan isi hatinya, sehingga meminimalisir pasangan mencari perhatian dari orang lain. Komunikasi terbuka juga dapat menjadi salah satu langkah memecahkan masalah dalam hubungan pernikahan.

    Hindari Membawa Pekerjaan ke Rumah

    Image: Freepik.com

    Ada beberapa pasangan suami istri yang sama-sama bekerja. Beban atau pun masalah pekerjaan di kantor jangan sampai dibawa ke rumah karena hal ini bisa menjadi biang masalah. Misalnya sama-sama sedang dalam keadaan letih, tiba-tiba pasangan marah-marah karena pekerjaan di kantor yang berantakan, alhasil pasangannya pun mulai emosional, sehingga timbul pertengkaran antara suami dan istri. Masalah pekerjaan cukuplah diselesaikan di luar rumah, jadikan rumah tempat pulang ternyaman dan habiskan waktu di rumah dengan keluarga bukan untuk pekerjaan.

    Intinya Sahabat Makna adalah mencintai dan membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu baru bisa melakukannya untuk pasangan. Jika sudah sama-sama memahami maka kehidupan rumah tangga akan menjadi lebih indah dan kesehatan mental pun semakin terjaga. Semoga selalu bahagia dan berpikir positif Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here