- Advertisement -spot_img
32.1 C
Palembang
More
    HomeEducationPerhatikan Tanda-Tanda Hubungan yang Tidak Sehat Dalam Pernikahan

    Perhatikan Tanda-Tanda Hubungan yang Tidak Sehat Dalam Pernikahan

    - Advertisement -spot_img

    Pernikahan adalah hubungan yang paling panjang karena sebagian besar orang berharap bisa menikah dan bersama pasangannya sampai akhir hayat. Menjalin bahtera pernikahan bukan hanya ada kebahagiaan, tetapi gelombang cobaan pun semakin rumit dan tak sedikit pasangan yang terpecah karena tak kuasa menahan badai cobaan yang melanda pernikahan. Biasanya perpecahan terjadi dimulai dari hubungan yang tidak sehat antara suami dan istri. Lalu, bagaimana cara mengetahui hubungan yang tidak sehat dalam pernikahan? Simak informasi selengkapnya!

    Intensitas Sentuhan Fisik Berkurang

    Image: Freepik.com

    Bersentuhan fisik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kedekatan antara suami istri. Jika sudah jarang untuk bersentuhan fisik, seperti berpelukan, berpegangan tangan, merangkul dan sebagainya akan membuat jarak dengan pasangan. Apalagi jika suami istri sudah malas atau enggan untuk melakukan hubungan intim, padahal hubungan intim bukan hanya sekedar aktivitas seksual semata, tetapi juga untuk menjalin keterikatan baik secara fisik dan emosional antara suami dan istri.

    Menghindari Konflik

    Image: Freepik.com

    Setiap hubungan pasti akan ada konflik di dalamnya, konflik memang menjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena akan menimbulkan energi-energi negatif yang bisa menguras emosi, pikiran dan fisik. Namun, adanya konflik dalam hubungan juga bermanfaat karena ketika konflik muncul, setiap pasangan yang saling mencintai akan sama-sama untuk menemukan jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi. Tetapi hal ini berbeda dengan pasangan yang hubungannya sudah tidak sehat karena cenderung akan menghindari konflik, ditandai jika konflik muncul tidak diselesaikan karena malas bertengkar atau beradu argumen.

    Hilangnya Rasa Percaya

    Image: Freepik.com

    Kepercayaan dalam suatu hubungan adalah modal untuk menjalin rumah tangga yang sehat. Apabila kepercayaan sudah tidak berbekas maka bisa dipastikan kecurigaan selalu menghampiri bahkan bisa menimbulkan suatu konflik. Konflik yang muncul secara terus menerus tanpa ada penyelesaian membuat hubungan sepasang suami istri akan merenggang bahkan menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu jujur dan terbuka dengan pasangan dengan cara membangun komunikasi yang baik dengan pasangan agar kepercayaan selalu ada dalam sebuah hubungan karena jika sudah hilang maka rusaklah hubungan itu.

    Merasa Dikendalikan Pasangan

    Image: Freepik.com

    Adanya kedudukan suami sebagai kepala rumah tangga dan istri yang menjadi pengikut suami bukan berarti bahwa suami dapat mengendalikan istrinya. Hubungan pernikahan yang sehat yakni ditandai dengan adanya persamaan hak untuk memberikan perspektif dan saling terbuka antara suami dan istri. Apabila pasangan membatasi bahkan memanipulasi pilihan maka itu menandakan bahwa hubungan pernikahan tidak berjalan setara karena salah satunya berusaha untuk mengontrol yang lain.

    Perasaan Tidak Berharga

    Image: Freepik.com

    Mengetahui mengenai bahasa kasih pasangan adalah salah satu cara untuk membangun romantisme dalam hubungan serta membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai. Perasaan tidak berharga yang dirasakan oleh salah satu atau kedua pasangan mengindikasi adanya relasi yang tidak sehat. Perasaan tidak berharga dapat muncul ketika pasangan tidak mendukung pasangan dalam karir atau menjatuhkan pasangannya sendiri. Bisa juga karena hilangnya bahasa kasih maka hilang juga perasaan untuk saling mencintai dan menyayangi.

    Timbulnya Kekerasan Verbal atau pun Fisik

    Image: Freepik.com

    Ketika jarak antara kedua pasangan semakin melebar dan hubungan sudah tidak sehat lagi maka kemungkinan besar akan terjadi kekerasan dalam rumah tangga baik secara verbal maupun fisik. Sering melontarkan kata-kata tidak pantas, mencaci maki dan merendahkan pasangan akan semakin menguras rasa kasih dan sayang. Apalagi jika sudah berani untuk melakukan kekerasan fisik, seperti memukul, menampar atau bahkan lebih parah lagi. Kekerasan secara fisik atau pun verbal sudah menjadi lampu merah dalam hubungan dan untuk menyelesaikannya diperlukan pihak ketiga sebagai penengah.

    Wah jangan sampai hubungan Sahabat Makna dan pasangan mengalami tanda-tanda ini ya. Lakukan berbagai hal yang menyenangkan dengan pasangan agar hubungan semakin romantis dan sehat. Semoga bahagia selalu Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,822FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here