- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeEducationProspek Kerja Tinggi di Masa Depan, 6 Jurusan Ini Bisa Menjadi Incaran...

    Prospek Kerja Tinggi di Masa Depan, 6 Jurusan Ini Bisa Menjadi Incaran Kamu

    - Advertisement -spot_img

    Tidak sedikit orang tua yang memaksakan anaknya masuk ke salah satu jurusan yang diinginkan orang tua kendati pun anaknya tidak menginginkan jurusan tersebut, mengakibatkan studi yang dijalankan terhambat atau bahkan tidak selesai. Banyak juga orang-orang yang dibebaskan masuk jurusan apa pun oleh orang tua, tetapi dari dirinya sendiri bingung untuk memilih dan menentukan. Memilih jurusan kuliah memang bukan suatu hal yang mudah, perlu beberapa pertimbangan dalam mengambil keputusan ini karena memiliki andil yang cukup besar terhadap masa depan seseorang. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek karir di masa depan. Ada bebrapa jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi di masa depan loh Sahabat Makna, kira-kira apa saja jurusannya? Baca sampai selesai ya!

    Sastra Inggris

    Image : Freepik.com

    Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang memiliki banyak penutur di seluruh dunia dan sudah menjadi bahasa pengantar internasional. Oleh karena itu, menguasai bahasa Inggris sebenarnya adalah sebuah keharusan agar dapat berkomunikasi dan bersaing dalam dunia kerja di masa depan. Jurusan sastra Inggris bisa menjadi pilihan untuk kamu menguasai bahasa Inggris dengan lebih dalam, seperti mempelajari tentang karya sastra dalam bahasa Inggris. Bahkan selagi kuliah kamu juga bisa menghasilkan uang loh Sahabat Makna dengan menjadi seorang penerjemah karena sudah akrab dengan berbagai literatur.  Beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga dan Universitas Padjajaran.

    Teknik Informatika

    Image : Freepik.com

    Jurusan satu ini menggabungkan antara bisnis dan teknologi, apalagi di era sekarang kecanggihan teknologi semakin pesat, menguasai teknologi adalah pilihan yang tepat. Peluang kerja yang tinggi bisa dilihat dari maraknya startup di masa sekarang, pastinya akan membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang IT. Mempelajari ilmu teknik informatika dapat bekerja dalam bidang pemerograman, pengembangan perangkat lunak, pengembangan aplikasi, keamanan dunia maya dan lainnya. Mata pelajaran yang akan dipelajari meliputi operasi komputer dasar, analisis dan desain sistem, jaringan dan administrasi database. Selain itu, bisa juga mengembangkan kemampuan pengkodingan dan pemograman. Kampus-kampus yang memiliki jurusan ini yakni Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Hasanuddin, Universitas Telkom dan sebagainya.

    Hukum

    Image : Freepik.com

    Salah satu cabang ilmu yang dibutuhkan hampir di semua lini pekerjaan adalah jurusan hukum. Menjadi mahasiswa hukum juga memiliki banyak manfaat, seperti dilatih untuk berpikir kritis dalam menghadapi situasi dengan membahas dan berdiskusi mengenai isu-isu terkini. Menjadi mahasiswa hukum juga dapat membentuk karakter menjadi lebih tegas dan berani. Lulusan dari jurusan hukum dapat menjadi beberapa profesi, seperti hakim, jaksa, pengacara, notaris, staf legal di suatu perusahaan, PNS, staf HRD, auditor hukum, legal and compliance risk management atau kurator. Jurusan hukum juga terdiri dari beberapa konsentrasi, seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara serta hukum internasional. Beberapa kampus yang bisa menjadi pilihan untuk kuliah jurusan hukum ialah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran.

    Psikologi

    Image : Freepik.com

    Salah satu jurusan yang semakin berkembang dan mulai banyak digemari adalah psikologi. Jurusan ini mempelajari mengenai keadaan jiwa manusia yang dapat dilihat dari perilakunya. Semua bidang pekerjaan pasti memerlukan lulusan psikologi karena ilmu psikologi akan selalu ada jika ada manusia. Oleh sebab itu, lulusan dari jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus. Apalagi jika melanjutkan studi menjadi seorang psikolog, di masa dewasa ini orang-orang sudah mulai memperhatikan mengenai kesehatan mental, sehingga untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog pun bukan lagi hal yang tabu. Secara garis besar ilmu psikologi memiliki beberapa konsentrasi, seperti psikologi pendidikan, klinis, industri dan organisasi, sosial, agama, perkembangan dan sebagainya. Di Indonesia ada beberapa kampus ternama yang memiliki jurusan psikologi, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Islam Indonesia serta Universitas Padjajaran.

    Perhotelan dan Pariwisata

    Image : Freepik.com

    Sudah tidak heran lagi jika jurusan ini memang memiliki prospek kerja yang bagus apalagi di masa depan. Semakin berkembangnya sektor-sektor pariwisata di dunia, lulusan dari jurusan ini pastinya memiliki lapangan pekerjaan yang semakin lebar. Beberapa karir yang bisa dijejaki ketika menjadi lulusan dari jurusan ini adalah pengelola restoran, manajer hotel, pemilik travel agen dan sebagainya. Pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa yang tidak kecil bagi suatu negara, oleh karena itu banyak negara yang berlomba-lomba untuk memperkenalkan dan memperbaiki sektor pariwisata masing-masing. Lulusan jurusan ini ketika bekerja pastilah memiliki berbagai koneksi yang bagus, bahkan bisa antar negara karena bisa saja menjadi pekerja di luar negeri. Di Indonesia ada beberapa kampus yang memang berkonsentrasi untuk jurusan perhotelan dan pariwisata, seperti Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan, Poltekpar Palembang dan sebagainya.

    Ekonomi

    Image: Freepik.com

    Jurusan satu ini adalah jurusan yang tidak lekang oleh zaman karena sangat dibutuhkan di berbagai macam sektor, salah satunya adalah perusahaan. Selagi kehidupan manusia terus berjalan dan roda perekonomian terus berputar, lulusan ekonomi akan selalu dibutuhkan. Jadi, sudah jelas dong kalau lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup baik. Apalagi di masa depan dengan sistem ekonomi bebas, para lulusan ini akan semakin diberdayagunakan. Selain menjadi ahli ekonomi, lulusan jurusan ini juga pastinya lebih cakap menjadi pengusaha karena bisa mengatur jumlah pendapatan dan pengeluaran dengan detail. Jurusan ekonomi memiliki beberapa konsentrasi, seperti ekonomi internasional, publik, regional, moneter, industri, sumber daya alam dan lingkungan serta sumber daya manusia. Rata-rata semua kampus baik negeri atau swasta pasti memiliki jurusan ekonomi, tetapi ada beberapa kampus di Indonesia yang terbaik di jurusan ekonomi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Univeristas Brawijaya, Universitas Airlangga dan lainnya.

    Sahabat Makna sudah menentukan pilihan belum? Selain melihat prospek kerjanya, perlu juga untuk mempertimbangkan bakat dan minat Sahabat Makna ya dalam memilih jurusan kuliah. Semoga tidak salah pilih dan sukses perkuliahannya!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here