- Advertisement -spot_img
24.1 C
Palembang
More
    HomeEducationQuarter Life Crisis: Menyerah dengan Keadaan atau Bangkit Menjalani Kehidupan

    Quarter Life Crisis: Menyerah dengan Keadaan atau Bangkit Menjalani Kehidupan

    - Advertisement -spot_img

    Memasuki usia kepala dua alias dua puluh tahunan memang bukanlah suatu yang mudah. Di usia ini adalah masa-masa seseorang akan mengalami krisis di dalam kehidupannya, mulai dari krisis kepercayaan diri, karir, percintaan, pekerjaan atau pun keuangan. Fase ini biasanya disebut dengan “Quarter Life Crisis” atau krisis seperempat abad. Sahabat Makna mau tahu mengenai hal ini lebih jauh? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

    Krisis seperempat abad ini biasanya dialami oleh orang-orang di fase perkembangan masa dewasa awal hingga tengah, yakni sekitar umur 20 hingga 30 tahun. Orang-orang yang berada di masa ini biasanya akan mengalami perasaan khawatir, bingung, galau dan merasa tidak memiliki arah untuk kehidupan di masa depan. Masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan seseorang di masa ini adalah mengenai relasi, percintaan, karir dan kehidupan sosial.

    Fase quater life crisis ini juga menjadi periode untuk menemukan jati diri seseorang, jadi fase ini penting untuk dilalui karena bisa membuat orang mengenali dirinya sendiri secara mendalam serta mempersiapkan diri untuk kehidupan yang akan datang. Oleh karena itu, Sahabat Makna gak perlu takut jika berada di fase ini karena sesuatu yang wajar dialami sebagai masa transisi.

    Nah, kalau Sahabat Makna masih bingung kira-kira sudah mengalami belum ya quarter life crisis, ini ada beberapa tanda-tanda yang bisa dijadikan indikasi mengalami quarter life crisis.

    1. Sahabat Makna sering merasa iri dengan orang yang sudah mencapai mimpinya

    2. Kurangnya motivasi ketika menjalani aktivitas sehari-hari

    3. Merasa khawatir dengan masa depan

    4. Mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan hidup, apakah akan menentukan pilihan hidup atas kemauan sendiri atau orang lain

    5. Terjebak pada kondisi kehidupan yang tidak diinginkan

    6. Khawatir merasa tertinggal dan tidak berhasil menggapai yang diinginkan

    Kalau Sahabat Makna merasa mengalami hal-hal yang disebutkan di atas, jangan khawatir ya. Sahabat Makna bisa kok untuk menghadapi masa-masa quater life crisis yang sedang dialami. Ada beberapa cara yang bisa Sahabat Makna lakukan untuk bisa menghadapi fase quater life crisis di antaranya ialah:

    1. Mengenali Diri Sendiri

    Fase quarter life crisis adalah masa untuk menemukan jadi diri, sehingga masa-masa inilah yang menjadi waktu untuk mulai mengenali diri sendiri. Sahabat Makna bisa memberikan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri, seperti apa yang ingin dicapai oleh Sahabat Makna dan apa kelebihan serta kekurangan Sahabat Makna. Jika Sahabat Makna sudah mampu untuk menjawabnya, Sahabat Makna bisa membuat planning untuk bisa mewujudkannya dan menyadarinya.

    2. Hindari Membandingkan Diri

    Rasa tidak percaya diri atau insecure adalah sebuah perasaan yang diciptakan oleh diri sendiri. Hal ini biasanya karena sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Misalnya melihat pencapaian orang lain di sosial media, kemudian membadingkan dengan pencapaian diri, perasaan gagal dan tidak berharga pasti akan menghampiri. Agar bisa melatih diri untuk tidak membandingkan dengan orang lain, bijaklah dalam bersosial media ya Sahabat Makna karena sekarang sosial media menjadi salah satu media untuk menimbulkan ketidakpercayaan diri.

    3. Mencari Pembimbing

    Di masa-masa ini memang sangat dibutuhkan sosok yang bisa menjadi pembimbing. Gunanya adalah untuk bisa belajar mengenai hal-hal yang menjadi permasalahan di dalam hidup. Mencari sosok pembimbing bukan bearti harus bertatap muka langsung dan berbicara secara langsung. Sahabat Makna juga bisa menjadikan buku biografi orang lain sebagai mentor karena dengan banyak membaca buku biografi Sahabat Makna bisa memilah perjalanan hidup orang tersebut dengan kehidupan yang sedang dijalani sekarang. Tak hanya buku, menonton video Youtube yang berisi pengalaman seseorang juga bisa menjadi pembimbing Sahabat Makna untuk menghadapi quarter life crisis.

    Jadi, untuk Sahabat Makna yang sedang mengalami quarter life crisis jangan menyerah ya hadapi dengan bijak, Sahabat Makna gak sendirian kok!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here