- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionRambut Sehat dan Indah dengan Perawatan Alami di Rumah, Mau Mencoba?

    Rambut Sehat dan Indah dengan Perawatan Alami di Rumah, Mau Mencoba?

    - Advertisement -spot_img

    Baru-baru ini di media sosial sedang hangat diperbincangkan mengenai perawatan rambut dengan menggunakan campuran shampoo dan kopi bubuk. Hasil yang diperlihatkan dari perawatan ini pun membuat netizen berdecak kagum karena rambut terlihat berkilau dan sehat. Di dalam kopi terdapat kandungan kafein, zat ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga membuat rambut tumbuh lebih cepat. Lalu, kandungan antioksidan di dalamnya membuat kopi bermafaat untuk memperbaiki tampilan rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Selain menggunakan campuran antara shampoo dan kopi, Sahabat Makna bisa menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk mendapatkan hasil rambut yang sehat dan indah, gak perlu ke salon Sahabat Makna bisa melakukan perawatan di rumah loh. Mari bahas penjelasan selengkapnya!

    Alpukat

    Image : Freepik.com

    Jika Sahabat Makna memiliki masalah dengan rambut yang kusut, masker buah alpukat bisa menjadi solusinya. Kandungan antioksidan, biotin, vitamin A dan E yang terkandung di dalamnya mampu untuk melembutkan dan mengatasi rambut yang kusut dan sulit disisir. Cara membuat masker ini mudah banget, cukup haluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh batang dan pangkal rambut yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Jika sudah rata, tunggu selama 15 menit lalu bilas. Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali satu minggu agar hasilnya terlihat maksimal.

    Lidah Buaya

    Lidah buaya menjadi salah satu tumbuhan yang mampu membantu Sahabat Makna untuk menghilangkan permasalahan minyak berlebih di rambut. Selain itu, juga membantu menenangkan kulit kepala dan melindungi helai rambut. Lidah buaya juga mampu untuk mengontrol sekresi sebum dan membuat rambut menjadi lembut. Cara membuatnya dengan mencampurkan 1-2 sendok teh gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air lemon. Lalu, campurkan secangkir air dan aduk rata. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan perawatan ini setelah melakukan keramas agar hasil maksimal.

    Minyak Zaitun

    Image: Freepik.com

    Rambut bercabang, kering dan kusut bisa diatasi sekaligus dengan menggunakan minyak zaitun. Perawatan dengan menggunakan minyak zaitun bisa dijadikan sebagai kondisioner rambut, cukup dengan mengoleskan dua sendok makan minyak zaitun ke rambut. Kemudian, tutup rambut dengan plastik atau handuk, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Kandungan emolien di dalam minyak zaitun dipercaya mampu melembabkan dan melembutkan rambut. Emolien akan meresap ke dalam batang rambut dan membuat rambut menjadi kuat dan lembut.

    Yoghurt

    Apabila Sahabat Makna sering melakukan hair styling rambut, pastinya akan memberikan dampak yang tidak terlalu baik untuk rambut. Kusam dan kering bisa menjadi masalah yang ditimbulkan karena penggunaan alat penata rambut yang panas, seperti catokan dan pengering rambut. Untuk merawat dan membuat rambut agar tidak kusam, Sahabat Makna bisa menggunakan yoghurt karena mengandung asam laktat yang berfungsi untuk melembabkan rambut. Melakukan perawatannya juga gampang, cukup memijat rambut yang sudah dibasahi dan diberi setengah cangkir yoghurt plain, lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat, lalu air dingin. Jika sudah Sahabat Makna bisa menggunakan shampoo setelahnya, lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

    Urang Aring

    Image : Freepik.com

    Rambut yang tidak berkilau dan warna hitam yang tidak pekat dapat diperbaiki dengan menggunakan urang aring Sahabat Makna. Dari dulu, orang sudah mengenal urang aring sebagai bahan untuk merawat kesehatan rambut, yakni menyuburkan rambut dengan alami. Urang aring juga berfungsi untuk mengatasi kerontokan, uban, ketombe hingga gatal di kulit kepala. Sahabat Makna cukup mengoleskan minyak urang aring pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10-15 menit atau pakai sebelum tidur dan bilas dengan air bersih setelah bangun.

    Patut dicoba nih Sahabat Makna tips perawatan rambutnya, apalagi bagi perempuan rambut adalah mahkota, jadi perlu dirawat ya agar makin sehat dan cantik!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here