- Advertisement -spot_img
32.1 C
Palembang
More
    HomeWedding IdeasSeni Hidup Minimalis, Pilihan Pasangan Millennial yang Punya Banyak Manfaat

    Seni Hidup Minimalis, Pilihan Pasangan Millennial yang Punya Banyak Manfaat

    - Advertisement -spot_img

    Gaya hidup minimalis menjadi pilihan bagi pasangan kaum millennial beberapa tahun ke belakang. Bagi Sahabat Makna yang belum tahu, hidup minimalis adalah gaya hidup yang sederhana, memiliki barang dengan jumlah yang minimal sesuai dengan kebutuhan, tetapi masih tetap bisa hidup dengan maksimal. Jumlah kebutuhan setiap orang berbeda-beda, sehingga kuantitas minimal dalam gaya hidup minimalis tidak bisa disamaratakan. Gaya hidup minimalis mengajarkan agar bisa merasa cukup atas apa yang dimiliki dan besyukur atas pemberian Tuhan. Selain merasa cukup dan bersyukur, ada banyak lagi manfaat menerapkan gaya hidup minimalis, penasaran? Baca sampai habis ya!

    Finansial Menjadi Sehat

    Image: Freepik.com

    Prinsip hidup minimalis adalah membeli barang-barang yang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. Hal ini membuat pengeluaran tidak membengkak karena terhindar dari sifat komsumtif. Sebelum menerapkan gaya hidup minimalis, biasanya akan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, sehingga menambah pengeluaran. Jika sudah menerapkan, maka akan berpikir lagi sebelum membeli, apakah barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan. Uang yang tidak dibelanjakan bisa disimpan atau berinvestasi untuk masa depan.

    Merasa Lebih Bahagia

    Image: Freepik.com

    Perkembangan gaya hidup semakin cepat, ketika mengikutinya maka tidak akan ada habisnya. Perkembangan gaya hidup terkadang membuat orang menjadi konsumtif, seperti ketika ada smartphone keluaran terbaru harus selalu memilikinya, walaupun smartphone yang dimiliki masih dalam keadaan baik. Hal ini membuat orang seakan-akan berkompetisi, sehingga sering terjadi stres. Jika menerapkan gaya hidup minimalis maka akan terhindar dari gaya hidup seperti ini, tingkat stres pun akan lebih rendah karena merasa tidak ada kompetisi, sehingga lebih bahagia.

    Pikiran Menjadi Lebih Fokus

    Image: Freepik.com

    Mendapatkan pikiran yang fokus ternyata bukan hanya dengan melakukan meditasi saja, menerapkan gaya hidup minimalis juga bisa loh membuat pikiran fokus. Hal ini karena ketika memiliki barang dengan jumlah minim di rumah maka akan merasakan kelegaan di dalam diri. Kelegaan ini membuat diri menjadi tenang, sehingga mampu untuk fokus. Bayangkan saja jika di rumah memiliki banyak barang, pasti akan merasa sempit dan pikiran menjadi lebih mudah terpecah.

    Cepat Mengambil Keputusan

    Image: Freepik.com

    Jika memiliki banyak pilihan barang untuk kegunaan yang sama, sering sekali merasa bingung untuk mengambil keputusan barang mana yang akan digunakan. Contohnya, memiliki baju lebih dari 100 maka akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk memilih mana baju yang akan dikenakan, bandingkan jika hanya memiliki 30, akan lebih mudah bukan mengambil keputusan?

    Menghemat Energi

    Image: Freepik.com

    Memiliki banyak barang bukan hanya harus mengeluarkan uang untuk memilikinya, tetapi juga energi yang lebih. Merawat barang yang sedikit akan lebih mudah jika dibandingkan merawat barang yang banyak, sehingga menghemat energi. Jika dirawat sendiri akan mengeluarkan tenaga, waktu dan pikiran yang cukup banyak. Jika menggunakan jasa orang lain maka akan mengeluarkan uang lagi.

    Gaya hidup minimalis sangat pas nih diterapkan, apalagi bagi pasangan baru. Bisa sehat secara finansial dan uangnya bisa ditabung untuk masa depan. Sahabat Makna tertarik untuk menerapkan gaya hidup minimalis?

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,825FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here