- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeEducationSindrom Baby Blues pada Ibu Baru, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Sindrom Baby Blues pada Ibu Baru, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

    - Advertisement -spot_img

    Kebahagiaan dan suka cita selalu dirasakan oleh pasangan dan keluarga yang baru memiliki anggota keluarga baru, yakni buah hati. Apalagi bagi seorang ibu, dapat melahirkan buah cinta dengan suami dalam keadaan yang selamat dan sehat adalah anugerah terindah sebagai seorang perempuan sekaligus istri. Namun, tak jarang ada beberapa ibu baru yang justru mengalami perasaan sebaliknya, yakni merasakan perasaan tidak bahagia sebagai ibu baru. Jangankan untuk memberikan asi kepada buah hati, beberapa ibu yang mengalami hal ini enggan untuk melihat buah hatinya. Hal ini dikenal dengan istilah sindrom baby blues. Kira-kira apa ya sindrom baby blues? Apa penyebab munculnya sindrom ini dan bagaimana cara mengatasinya? Pertanyaan-pertanyaan itu akan dikupas tuntas dalam pembahasan kali ini. Simak terus Sahabat Makna!

    Apa Itu Sindrom Baby Blues?

    Sindrom baby blues adalah sebuah keadaan psikologis yang umum dirasakan oleh ibu yang baru melahirkan, biasanya terjadi pada kelahiran anak pertama. Ibu yang mengalami sindrom ini akan merasakan perubahan suasana hati setelah melahirkan, seperti perasaan kecewa, terharu, cemas, lekas marah, mudah lelah, sulit untuk berkonsentrasi hingga tersinggung. Ada beberapa gejala baby blues yang bisa diamati, seperti ibu mengalami perubahan suasana hati yang cepat, merasa cemas dan kewalahan mengurus bayi, merasa sedih dan banyak menangis, mengalami penurunan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, merasa murung dan rewel, susah tidur, tidak sabar, gelisah dan mudah marah. Menurut Pregnancy Birth and Baby, sindrom baby blues muncul dalam kurun waktu 3-10 hari setelah melahirkan. Sindrom ini biasanya terjadi selama 3-14 hari, tetapi jika terjadi sampai berbulan-bulan ini sudah menjadi postpartum depression atau depresi pasca melahirkan.

    Apa Penyebab Baby Blues?

    Penyebab pasti munculnya sindrom baby blues ini memang tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa hal yang mendorong munculnya perubahan suasana hati ini pada ibu baru. Pertama, kelelahan mengasuh bayi yang baru lahir, setelah mengandung dan melahirkan ibu baru dihadapkan tantangan baru yakni mengasuh bayi seperti memberikan ASI. Ibu baru harus melatih bayi untuk menyusui secara langsung, sebagian bayi susah membuka mulut untuk mendapatkan ASI, melatih bayi menyusui ini membutuhkan tenaga, waktu dan kesabaran, sehingga dapat menyebabkan kelelahan pada seorang ibu.

    Kedua, ASI yang mulai terproduksi membuat payudara cepat membesar dan membengkak, bayi yang baru lahir biasanya menyusui 2 jam sekali. Namun, tidak semua bayi mampu menyusui dengan baik, sehingga ASI yang keluar tidak lancar, jika mengalami hal ini maka harus memompa ASI dan simpan di tempat yang steril. Ketiga, ibu baru membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan dan tanggung jawab yang baru, perubahan kehidupan inilah yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati seorang ibu baru.

    Keempat, setelah melahirkan ibu mengalami penurunan kadar hormon, sehingga memengaruhi kondisi tubuh dan sensitivitas ibu dan ini cukup memengaruhi munculnya sindrom baby blues. Kelima, mengandung membuat perubahan tubuh seorang ibu secara drastis begitu pula setelah melahirkan, ibu akan memikirkan ASInya sehingga tidak memikirkan berat badannya. Oleh sebab itu, banyak ibu yang berat badannya naik ketika melahirkan dan menyusui. Perubahan ini membuat ibu baru menjadi idak percaya diri dengan dirinya sendiri, sehingga bisa menimbulkan baby blues.

    Bagaimana Mengatasi Baby Blues?

    Sindrom baby blues bisa Sahabat Makna atasi dengan melakukan beberapa hal, seperti mengatur pola tidur agar masih memiliki waktu tidur yang cukup, berolahraga rutin walaupun hanya sebentar tetapi lebih baik konsisten, menjaga pola makan dengan makan makanan sehat dan kesukaan ibu, tidak membebankan diri untuk mengerjakan segalanya sendiri bisa juga berbagi cerita serta bersosialisasi dengan ibu-ibu baru lainnya untuk berbagi pengalaman dan saling memberikan masukan serta bercerita mengenai suasana hati kepada suami.

    Sahabat Makna sudah tahu kan sekarang mengenai baby blues, semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here