- Advertisement -spot_img
25.4 C
Palembang
More
    HomeHealthSulit Tidur? Ini 4 Cara Cepat Tidur yang Bisa Anda Lakukan

    Sulit Tidur? Ini 4 Cara Cepat Tidur yang Bisa Anda Lakukan

    - Advertisement -spot_img

    Kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi salah satunya adalah tidur. Namun, bagaimana jika kebutuhan dasar tersebut sulit untuk kamu penuhi? Memang ada banyak orang mengalami kasus yang sama seperti yang kamu rasakan yaitu sulit tidur. Namun, Sahabat Makna perlu berhati-hati ya!

    Ada banyak faktor yang membuat seseorang kesulitan tidur, sampai mengakibatkan seseorang memiliki kualitas tidur yang kurang baik. Hal ini berdampak menurunkan kualitas hidup seseorang. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, agar tidurmu lebih cepat dan teratur!

    Image : freepik.com

    Membuat Jadwal Tidur dan Menaatinya

    Jadwal tidur dibuat agar kamu memiliki waktu tidur yang teratur. Artinya kamu akan memiliki jam tidur dan jam bangun di pagi hari dengan jadwal yang sama setiap harinya. Cara ini akan ampuh ditambah jika rutinitas yang kamu lakukan selalu sama. Taati jadwal yang telah di buat sehingga cara ini menjadi ampuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

    Sebaliknya, jika kamu memiliki jam tidur yang tidak teratur seperti terjaga hingga larut malam dan sering tertidur di pagi hari, hal ini dapat memicu gangguan insomnia lebih meningkat. Jika jam biologis di dalam tubuhmu terganggu, maka tubuh akan semakin kesulitan untuk mengenali jam tidurmu.

    Image : freepik.com

    Rajin Berolahraga

    Cara cepat agar kamu terlelap di malam hari salah satunya yaitu dengan rutin berolahraga. Kamu bisa mulai membiasakan diri dengan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging kecil atau jalan santai di pagi hari sambil menikmati udara segar agar tubuh tidak stress.

    Dilansir pada hellosehat.com, Sebuah penelitian di dalam International Review of Psychiatry membuktikan bahwa seseorang dengan penyakit insomnia kronis yang rutin melakukan aktivitas fisik dapat memangkas waktu yang biasa ia gunakan untuk menunggu rasa kantuk datang. Hal ini berarti penderita insomnia tersebut memiliki waktu yang semakin cepat untuk terlelap ketika rutin melakukan aktifitas fisik.

    Jadi penting sekali buat kamu untuk mulai mengubah kebiasaan hidup dengan rutin berolahraga, sehingga kesempatanmu untuk menerapkan pola tidur yang sehat pun semakin besar.

    Image : freepik.com

    Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik Sebelum Tidur

    Kebiasaan menonton televisi atau bermain smartphone sebelum tidur adalah kebiasaan yang perlu kamu hentikan jika kamu tidak ingin sulit tidur. Semakin kamu intens menggunakan elektronik maka semakin sulit kamu untuk terlelap tidur di malam hari.

    Sinar biru yang berasal dari layar gadget, seperti smartphone, tablet, hingga laptop dapat menekan hormon melatonin, yaitu hormon yang bertugas meregulasi tidur Anda, sehingga hal ini mengakibtakan kamu akan bertambah sulit untuk tidur. Jadi mulailah untuk mengurangi penggunaan elektronik sebelum tidur, sehingga kamu dapat tidur dengan cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

    Image : freepik.com

    Tetap Tenang dan Hindari Stress

    Ketika kamu mengalami kesulitan untuk tidur hal yang perlu kamu lakukan adalah tetaplah tenang dan jangan sampai stres. Kecemasan yang timbul akibat kamu sulit terlelap padahal sudah memejamkan mata, akan membuat kamu berujung stress dan kamu akan lebih sulit lagi untuk tertidur.

    Dengan menenangkan diri dan pikiran, hal ini akan membantu tubuhmu untuk cepat tidur.Sebaliknya, Jika kamu terlalu banyak berpikir, pikiranmu akan stress dan membuat kamu terjaga hingga larut malam. Cobalah untuk merileksasikan pikiran, atau melakukan aktifitas fisik yang ringan agar tubuh merasa sedikit lelah seperti yoga atau olahrga ringan lainnya.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,838FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here