- Advertisement -spot_img
25.1 C
Palembang
More
    HomeEducationSuper Dad! Besarnya Peran Seorang Ayah dalam Keluarga, Bukan Hanya Sekedar Mencari...

    Super Dad! Besarnya Peran Seorang Ayah dalam Keluarga, Bukan Hanya Sekedar Mencari Nafkah Semata

    - Advertisement -spot_img

    Bekerja di luar rumah seharian penuh dianggap suatu hal yang lumrah karena memang itulah tugas seorang laki-laki di mata kebanyakan masyarakat. Berbeda halnya dengan perempuan, ada saja komentar negatif orang lain jika ada istri bahkan seorang ibu yang seharian bekerja di luar rumah. Pandangan masyarakat kebanyakan menganggap bahwa peran seorang ibu haruslah banyak di rumah, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, memasak dan lainnya, sedangkan peran seorang ayah hanya bekerja. Namun, sebenarnya anggapan ini keliru, seorang ayah memiliki peran yang besar dalam kehidupan rumah tangga bukan sekedar mencari nafkah semata. Apa saja peran ayah lainnya? Simak informasinya sampai selesai Sahabat Makna!

    Pemimpin Keluarga

    Image: Freepik.com

    Tugas seorang laki-laki ketika menjadi ayah adalah sebagai imam untuk istri dan anak-anaknya. Seorang imam memiliki tugas untuk membimbing keluarga agar menjadi keluarga yang ideal dalam hal dunia maupun akhirat. Sebab itulah laki-laki disebut sebagai pemimpin dalam keluarga karena yang menentukan arah lajunya bahtera pernikahan adalah laki-laki. Seorang suami harus mengajarkan istrinya kebaikan, agar istrinya mampu menjadi madrasah pertama yang baik bagi keturunananya kelak. Seorang ayah dapat menanamkan perannya sebagai pemimpin dalam keluarga kepada anak-anak sejak dini. Usahakan anak-anak melihat ayahnya mengambil sebuah keputusan untuk keluarga. Sebagai pemimpin keluarga suami juga bertugas untuk menjadi garda terdepan sebagai pelindung bila ada masalah yang menghampiri keluarganya. Bukan hanya pelindung dalam hal masalah yang berkaitan dengan fisik saja, tetapi juga non fisik. Ayah memiliki peran untuk membuat keluarganya merasa terlindungi baik dalam hal emosional maupun finansial.

    Berperan dalam Pengasuhan

    Image: Freepik.com

    Jangan pernah berpikir bahwa hanya seorang ibu saja yang sepenuhnya mengambil alih mengenai pengasuhan anak. Ayah memiliki andil yang sama besarnya dengan ibu dalam proses pengasuhan. Hal ini karena anak harus mendapatkan dua peran sekaligus, yakni peran ayah dan peran ibu dalam proses tumbuh kembangnya. Kehilangan salah satu peran orang tua dapat memberikan dampak yang tidak cukup baik bagi perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Seorang anak yang mendapatkan peran pengasuhan dari ayah akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan memiliki berbagai karakter kepribadian yang kuat. Berperannya ayah dalam proses pengasuhan membuat anak menjadikannya role model, jadi bukan hanya ibu saja. Kedekatan antara seorang anak dan ayahnya pun akan terjalin lebih erat. Sekedar memandikan, memberikan makan atau bermain bersama adalah beberapa cara yang bisa ayah lakukan untuk terlibat dalam pengasuhan anak.

    Membantu Pekerjaan Rumah

    Image : Freepik.com

    Satu hal lagi yang sering dianggap masyarakat kebanyakan tugas penuh seorang istri, yakni pekerjaan rumah. Padahal pekerjaan rumah bukan hanya sekedar tugas ibu loh, tetapi juga tugas seorang ayah juga. Suami yang mau untuk berbagi tugas menyelesaikan pekerjaan rumah akan membuat istri menjadi lebih bahagia. Bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan rumah juga akan menambah kekompokan sebagai sepasang suami dan istri. Kekompakan yang diciptakan dari hal ini bisa dilihat dan menjadi teladan juga bagi anak. Anak-anak akan memahami bahwa kedua orang tuanya saling menyayangi dan membantu satu sama lain bahkan untuk pekerjaan rumah tangga sekali pun. Menyelesaikan pekerjaan rumah tangga bersama juga membuat lebih mudah untuk menyuruh anak ikut menolong dan bekerja sama dengan keduan orang tuanya, sehingga bukan hanya kekompakan suami dan istri saja yang tercipta, tetapi kerja sama satu keluarga pun bisa terwujud.

    Bersikap Adil

    Image: Freepik.com

    Tak jarang banyak laki-laki yang setelah menyandang status sebagai seorang ayah menjadi acuh tak acuh kepada istrinya. Hal ini tidak adil bagi istri, sehingga seorang laki-laki sebagai pemimpin keluarga harus bersikap bijaksana terhadap semua anggota keluarganya, baik istri dan anak-anaknya. Istri adalah pasangan yang akan menemani ayah sampai kapan pun, anak adalah anugerah dari Tuhan yang tidak tergantikan, keduanya sama-sama penting bagi kehidupan seorang ayah. Bersikap adillah dengan cara memberikan perhatian kepada keduanya tanpa ada berat sebelah, dalam kehidupan berumah tangga yang sudah mempunyai anak masih perlu untuk memiliki waktu yang berkualitas dengan pasangan. Meluangkan waktu untuk bermain, mengobrol atau makan bersama dengan anak juga penting agar anak merasa diperhatikan oleh sang ayah. Terpenting adalah menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama dengan anak dan istri menjadi kunci untuk bisa berbuat adil kepada keduanya.

    Sahabat Makna, itulah beberapa peran lain seorang ayah. Tidak gampang memang menjadi orang dengan banyak peran sekaligus, tetapi jika memang sudah kodratnya maka akan mampu dijalani. Perlu diingat bahwa setiap ayah memiliki caranya masing-masing untuk menjadi ayah terbaik bagi keluarganya. Semoga bermanfaat Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here