- Advertisement -spot_img
30.6 C
Palembang
More
    HomeEducationTak Perlu Bingung Lagi Membedakan Nasi Kapau dan Padang, Kenali Perbedaanya

    Tak Perlu Bingung Lagi Membedakan Nasi Kapau dan Padang, Kenali Perbedaanya

    - Advertisement -spot_img

    Sahabat Makna pasti pernah dong makan nasi padang, nasi sejuta umat yang hampir tidak mungkin orang tidak menyukainya. Namun, apakah Sahabat Makna pernah mendengar nasi kapau? Kalau pernah seringkah merasa bingung sebenarnya nasi kapau dan nasi padang itu berbeda atau sama karena memang berasal dari daerah yang sama, yakni Sumatra Barat. Ternyata Sahabat Makna, nasi kapau dan nasi padang itu berbeda loh, memang tidak mudah membedakannya, tetapi kedua nasi ini memiliki perbedaan yang khas, kira-kira apa saja perbedaannya, simak artikel ini sampai selesai ya!

    Asal Mula

    Nasi kapau merupakan menu khusus yang berasal dari suatu daerah di Provinsi Sumatra Barat bernama Nagari Kapau di Kabupaten Agam. Di daerah Bukit Tinggi, terdapat Pasar Lereng di dalamnya terdapat blok berisi penjual nasi kapau, dikenal juga sebagai los lambuang. Sedangkan nasi padang merupakan semua jenis makanan khas Sumatra Barat, bukan hanya dari Kota Padang.

    Cara Penyajian Menu

    Penyajian menu nasi kapau dan nasi padang secara signifikan sangat berbeda, yakni jika nasi kapau disajikan di atas meja kayu yang disusun bertingkat, sedangkan nasi padang biasanya disajikan di dalam etalase kaca dengan penerangan yang cerah.

    Peletakan Hidangan

    Tidak hanya cara penyajiannya yang berbeda, peletakan hidangannya pun juga berbeda dan unik di warung nasi padang dan nasi kapau. Menu nasi kapau umumnya diletakkan sedikit lebih tinggi, sehingga penjual sering menggunakan penjepit atau sendok bertangkai panjang untuk mengambil lauk yang tersedia. Sedangkan menu nasi padang diletakkan dalam etalase kaca yang sejajar dengan jangkauan tangan, sehingga tidak menggunakan alat bantu.

    Jenis Sayuran

    Jenis sayuran yang terdapat di nasi padang dan nasi kapau juga berbeda. Jika nasi padang identik menggunakan sayur daun singkong, rebung dan nangka. Sementara nasi kapau identik dengan sayur kacang panjang dan kol.

    Gulai

    Salah satu lauk yang menjadi primadona di nasi kapau, sedangkan nasi padang tidak memilikinya adalah gulai tambusu. Jenis gulai ini terbuat dari usus sapi yang dibersihkan dan diisi dengan campuran tahu, telur dan bumbu lainnya. Gulai tambusu biasanya disajikan dengan kuah gulai yang menambah cita rasanya makin nikmat.

    Sahabat Makna sudah tahu kan sekarang perbedaan nasi kapau dan nasi padang. Sahabat Makna tim mana nih?

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,827FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here