- Advertisement -spot_img
27.1 C
Palembang
More
    HomeBeauty & FashionThrift Shopping, Belanja yang Bisa Menyelamatkan Bumi, Kok Bisa?

    Thrift Shopping, Belanja yang Bisa Menyelamatkan Bumi, Kok Bisa?

    - Advertisement -spot_img

    Beberapa waktu terakhir trend thrift shopping atau membeli pakaian bekas sedang digandrungi banyak kalangan. Dari segi harga pakaian bekas ini sangat bersahabat dengan kantong, membeli pakaian bekas jauh lebih murah daripada membeli barang baru dari toko, sedangkan kualitas pakaian yang didapatkan hampir sama.

    Namun tahukah Sahabat Makna, membeli pakaian bekas tidak hanya bersahabat di kantong saja, tetapi juga dengan bumi loh. Kok bisa ya? Karena ketika membeli pakaian bekas artinya membuat nilai guna dari pakaian tersebut akan lebih berkelanjutan, yakni mencegah pakaian bekas berakhir di tempat sampah dan menjadi sampah tekstil.

    Alasan Thrifting Baik untuk Bumi

    Image: Freepik.com

    Trend fast fashion sebenarnya sangat tidak ramah lingkungan karena akan membuat menumpuknya pakaian-pakaian bekas yang tidak terpakai karena sudah ketinggalan trend. Hal ini pastinya akan membuat penumpukan sampah tekstil menjadi meningkat. Melansir dari situs Sipsn.menlhk.go.id, sampah tekstil menyumbang sekitar 2,6 persen sampah di Indonesia.

    Suatu kenyataan yang disayangkan juga bahwa limbah tekstil mendominasi tumpukan sampah di laut selain jaring ikan yang terbuat dari benang. Thrifting menjadi sebuah usaha yang mudah untuk memanfaatkan kembali pakaian-pakaian yang sudah tak lagi dipakai untuk bisa tetap memiliki nilai guna.

    Membeli pakaian bekas juga menjadi salah satu cara untuk membatasi produksi sebuah pakaian baru, setidaknya mengurangi penggunaan kapas, bulu, sutra, wol, kulit dan bahan sintetik lainnya untuk digunakan membuat pakaian. Sahabat Makna perlu tahu juga ni dampak-dampak lingkungan yang disebabkan dalam produksi fashion, di antaranya ialah boros air karena untuk membuat satu kaos katun dibutuhkan setidaknya 700 galon air.

    Kemudian, pakaian yang nilai gunanya tidak diberlangsungkan akan menjadi limbah karena sebanyak 60 persen pakaian ditimbun atau dibakar setiap tahun. Pembuatan pakaian pun menggunakan 18 persen pestisida dan 25 persen insektisida untuk membuat bahan serat kain. Pembuatan pakaian juga menimbulkan polusi air karena mencuci kain sintetis akan mengirimkan jutaan partikel plastik ke laut. Bisa juga menimbulkan polusi udara karena industri fashion menyumbangkan setidaknya 10 persen emisi karbon global.

    Sisi Positif Thrifting untuk Diri Sendiri

    Image: Freepik.com

    Selain untuk bumi, kegemaran thrifting pastinya memiliki beberapa sisi positif untuk diri sendiri. Bagi Sahabat Makna yang gemar pakaian vintage, berburu pakaian bekas akan menjadi salah satu solusi yang tepat. Hal ini karena biasanya pakaian bekas hanya menjual satu model dan tidak ada duanya. Sehingga, Sahabat Makna tidak perlu takut ketemu orang memakai pakaian yang sama dalam satu waktu. Selain model pakaian yang tidak pasaran, koleksi baju bekas ini juga selalu beganti setiap minguu. Jadi, kalau Sahabat Makna ingin selalu tampil berbeda di setiap kesempatan, membeli pakaian bekas dapat menjadi pilihan.

    Apalagi jika Sahabat Makna pandai memadu padakan pakaian, koleksi thrifting sangat cocok untuk mengasah kreativitas mix and match fashion. Sahabat Makna juga bisa menciptakan gaya berpakaian yang Sahabat Makna banget nih dengan menggunakan pakaian bekas. Selain itu, membeli pakaian bekas juga ibaratnya mencari harta karun karena bisa saja Sahabat Makna menemukan pakaian yang bagus banget, misalnya merk ternama yang sudah tidak diproduksi lagi.

    Sekarang, Sahabat Makna tidak perlu susah lagi untuk mencari koleksi thrifting karena sudah banyak sekali toko online bahkan store yang khusus menjual pakaian bekas. Sahabat Makna jangan takut tidak higienis ya karena sekarang sudah banyak penjual pakaian bekas yang membersihkan dahulu barangnya sebelum dijajakan ke pembeli.

    Nah Sahabat Makna, jangan ragu lagi untuk membeli pakaian bekas ya. Ternyata banyak banget sisi positif dengan membeli pakaian bekas ini, apalagi untuk bumi tempat kita tinggal. So, sayangi bumi kita mulai dari diri sendiri ya. See you next time Sahabat Makna!

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    [td_block_social_counter style="style3 td-social-colored" f_counters_font_family="450" f_network_font_family="450" f_network_font_weight="700" f_btn_font_family="450" f_btn_font_weight="700" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjMwIiwiZGlzcGxheSI6IiJ9fQ==" instagram="makna.wedding" open_in_new_window="y"]
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here