- Advertisement -spot_img
33.1 C
Palembang
More
    HomeEducationTips Jitu Bertahan Hidup di Akhir Bulan

    Tips Jitu Bertahan Hidup di Akhir Bulan

    - Advertisement -spot_img

    Mungkin untuk sebagian orang, akhir bulan adalah momok yang paling mengerikan di setiap bulannya. Dikarenakan biasanya pada akhir bulan segala sesuatu terkhusunya uang yang ada di dompet akan lambat laun menipis dan hilang begitu saja. Hal inilah yang membuat orang yang berpikir keras bagaimana cara bertahan hidup dengan kondisi yang serba kekurangan di akhir bulan

    Tetapi sahabat makna, tentu saja setiap masalah pasti akan ada solusinya. Untuk menghindari dan mencegah agar kondisi akhir bulan tidak terlalu buruk, kalian dapat menerapkan beberapa cara dan tips agar kamu tidak perlu pusing lagi memikirikan kondisi kamu di akhir bulan.

    Melakukan Perencanaan Keuangan

    Image: Freepik.com

    Perencanaan keuangan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan di setiap awal bulan bagi beberapa orang, dikarenakan dengan perencanaan keuangan yang baik kalian dapat mengukur kebutuhan yang kamu perlukan hingga akhir bulan. Sehingga akan membatasi hal-hal yang mungkin akan berakibat fatal dalam perencaan keuangan seperti membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, atau mengikuti hawa nafsu seperti makan di tempat mahal atau hanya sekadar nongkrong di cafe.

    Hindari Membuka Aplikasi Belanja Online

    Image: Freepik.com

    Aplikasi belanja online kadang menjadi salah satu sumber habisnya uang bulanan kamu. Sebab kamu akan melihat barang-barang unik dan lucu yang bisa menarik perhatian kamu untuk membelinya, dan juga seringkali banyak aplikasi belanja online yang menjajakan barang-barang yang mereka jual dengan diskon yang sangat besar. Tetapi sahabat makna, boleh saja jika kamu ingin berbelanja online tetapi harus dilihat dulu apakah barang tersebut sangat kamu butuhkan atau tidak sehingga rencana keuanganmu tidak akan hancur di akhir bulan.

    Jangan Anggap Remeh Uang Receh

    Image: Freepik.com

    Seringkali uang receh sangat dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, karena banyak orang berpikir uang receh akan menggangu mereka dan juga bernominal kecil sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal. Tetapi jika kamu kumpulkan uang receh tersebut, lama-kelamaan uang tersebut akan berarti dan membuat perjuangan kamu di akhir bulan dapat terselesaikan.

    Mencari Uang Tambahan

    Image: Freepik.com

    Solusi yang paling tepat untuk menjawab permasalahan ini yaitu dengan mencari uang tambahan, kamu dapat mencari uang tambahan dengan cara melakukan pekerjaan paruh waktu atau membuka usaha, tetapi perlu diingat sahabat makna, ketika kamu mendapatkan uang tambahan kalian harus menyesuaikan kembali dengan perencanaan keuangan kamu sebelum mendapatkan uang tambahan, sehingga tidak terjadi perubahan gaya hidup dan justru akan membebani kamu dengan kebutuhan yang baru pula.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,907FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here